3 Mei 2019

Cerita Kehamilan: Hadiah LDR

Disclaimer:
Tulisan ini dibuat sebagai draft saat bulan September 2018.

Halo pembaca~

Setelah sekian lama nggak update apa-apa di blog ini karena belum ada bahan (bilang aja males, wkwk), akhirnya hari ini akan dimulai seri terbaru cerita hidup dan pengalamanku dalam menapaki sisi lanjutan dari dunia pernikahan. Tsah.

Setelah kurang lebih 8 bulan menikah, Alhamdulillah akhirnya aku dan Farid saat ini hampir menjadi sepasang Ibu dan Ayah baru. Cerita tentang proses kehamilanku nggak serta-merta langsung aku posting saat tau bahwa aku hamil, sebabnya, ya banyak. Aku pengen ini berjalan dulu sampai si jabang bayi lahir, baru sekalian deh aku tuntasin ceritanya. Walaupun saat nulis ini, ya aku masih dalam keadaan hamil. Hehe, takut lupa aja setiap detailnya. Tapi cukup disimpan dulu di draft, nanti akan diupload pada saat yang lebih tepat. 

Jadi, masih mau baca? Boleh..

Picture: unsplash.com

Pertama Kali Tahu Kalau Hamil
Sejak menikah, aku dan Farid memang tidak berencana untuk menunda momongan. Tapi juga nggak segera pengen buru-buru banget punya anak. Terserah menurut Allah aja waktu yang paling tepat itu kapan. Lingkungan juga lebih bersahabat sih dengan nggak keseringan nanya “Udah isi belum?” “Kapan hamil?” atau yang lainnya. Jadinya kami nyantai, apalagi Farid. Dia mah nyantai banget. Hehe. Jadilah selama masa penantian itu, kami sering plesir kemana-mana, pacaran lah yaa mumpung kemana-mana belum bawa anak bayik beserta segala perintilannya. 

Selama delapan bulan nikah itulah kami nggak pernah sama sekali saling berjauh-jauhan. I mean, aku  harus nginep karena ada tugas dinas atau gimana, begitupun Farid. Sampai akhirnya setelah Idul Fitri 2018 kemarin ada momen dimana kami harus LDR dulu sementara. Aku pulang ke rumah orang tuaku Bogor karena adikku yang paling kecil mau sunat, sedangkan Farid ada hal yang harus diselesaikan di Jogja jadinya nggak bisa nemenin aku ke Bogor.

Sebelum berangkat, aku inget banget obrolan di ruang guru beberapa waktu yang lalu tentang seorang teman yang hamil, nggak lama setelah suaminya pulang dari umroh, alias habis LDR kan. Cuma, ya kuanggap cerita lewat aja gitu, nggak bikin aku kepikiran banget. Singkatnya, aku ke Bogor dan sampai di Bogor dengan sukses.

Dua hari di Bogor, mendadak badanku berasa nggak enak banget. Perutku mual dan kepalaku pusing sampai buat bangun tidur aja susah. Waktu itu belum kepikiran kalau hamil, karena gejalanya sama banget kayak kalo magh ku kambuh. Akhirnya, diminumin obat magh dan obat pusing dong. Wkwk. Emang sih waktu itu udah telat haid hampir dua minggu, tapi sejak sebelum nikah siklus haidku emang gitu, mundur. Itu juga yang bikin aku nggak kepikiran kalo aku hamil.

Akhirnya cerita sama Farid dan mulai curiga kalau aku hamil. Besoknya, Ibuku juga tiba-tiba bilang, “Kamu hamil kali mbak..”. Hahaha. Entah kenapa pada saat itu rasanya kayak nggak siap kalau emang beneran hamil, secaraaa, lagi jauh sama suami kan ya. Padahal pengennya ngecek hasil testpack bareng-bareng. Terus, karena ini ada indikasi hamil, aku nggak nerusin minum obat padahal badan rasanya masih ‘bingung’ banget. Aku juga kekeuh nggak mau testpack di Bogor, maunya di Jogja aja. Hahaha elah, udah mo jadi mbok-mbok tapi masih aja begitu.

Singkat cerita, setelah drama tiket pesawat dan lain-lain, akhirnya aku testpack di Bogor. Hasilnya, dua garis merah yang amat sangat jelas. Rasanya….? Tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Bahagia, bersyukur, kaget, terharu, bingung. Wah beneran campur-campur deh. Segera langsung aku kabari Farid.

Testpack kedua ketika periksa urin di puskesmas. Testpack pertama? Di Bogoooor~ Wkwk

Ternyata saat ketahuan kalau hamil itu, usia kandunganku udah masuk 6 minggu. Padahal kurang lebih sebulan sebelumnya tu (pas Ramadan) kegiatanku ya lumayan banyak, apalagi pas dua hari Idul Fitri. Aku (sebagai menantu baru) sedang menjalani aktivitas di keluarga suami yang padet-det-det. Silaturahim non stop dari pagi sampe malam. Keliling Jogja - Magelang dan sekitarnya. Rasanya badan jadi lebih cepet capek daripada biasanya, cuma aku nggak ada curiga apa-apa, wong rasanya sehat wal afiat.

Nah, setelah dua garis merah, perjuangan babak pertama baru saja akan dimulai. Selama di Bogor, yang nge-treat aku ya Ibu dan Bapak. Beliau seneng banget mau punya cucu pertama. Setelahnya, perjuangan dilanjutkan berdua dengan Farid di Jogja. 

Mempersiapkan Kebutuhan di Awal Kehamilan
Sesampainya di Jogja, aku sama Farid memeriksakan awal kehamilanku di Puskesmas dekat rumah. Sampai di Puskesmas aku diminta untuk tes urin lagi sambil konsultasi dan menentukan Hari Perkiraan Lahir (HPL). Hitungan kehamilan dimulai sejak Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) ya temans, jadi bukan dari hari terakhir haid. HPL dihitung sebanyak 40 minggu sejak HPHT. Karena HPHT ku bulan Mei, maka HPL kandunganku adalah bulan Februari tahun berikutnya.

Di Puskesmas juga akan diberikan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang harus dibawa setiap kali berkunjung ke fasilitas kesehatan dan harus awet sampai anak berusia 5 tahun. Kenapaaah? Gimana dengan aku yang kemproh ini? Ya pokoknya jangan hilang, karena di dalamnya berisi informasi perkembangan anak mulai dari kandungan sampai anak usia 5 tahun. Termasuk riwayat kehamilan ibu, riwayat kelahiran, pemantauan tinggi dan berat badan, dan lain-lain.

Jadi, kalaupun belum pernah baca apa-apa tentang kehamilan, dengan buku KIA ini paling enggak bisa memberikan calon orang tua sedikit pengetahuan lah. Tapi ya kebangetan sih kalau ngga cari informasi dari sumber-sumber lainnya. IG itulhoo, banyak akun-akun parenting yang berseliweran. Akhirnya, list followingku bertambah dengan kehadiran akun-akun parenting, termasuk yang bisa aku rekomendasikan adalah akun Instagram @bidankita.

Suplemen yang harus diminum ibu hamil adalah asam folat dan vitamin B. Biasanya bakal diresepin dari Puskesmas kok. Kalau kontrol ke dokter juga pasti dikasih, atau paling enggak, pasti ditawarin sama dokternya.

Aku juga langsung ganti susu. Yang tadinya esensis jadi emesis. Alhamdulillah aku nggak ada alergi susu, jadinya tetap konsumsi susu hamil.


Morning Sickness dan Ngidam
Setiap calon ibu yang sedang hamil kondisinya bakal beda-beda, termasuk saat ngerasain si morning sickness ini. Ada yang biasa aja, ada yang berat banget, bahkan ada juga yang nggak ngerasain. Nah, kalo aku termasuknya yang lumayan sedang ke arah berat. 

Rasa yang paling dominan itu adalah mual, bahkan bisa sampai nggak beranjak dari kasur seharian saking buat geser aja mual. Urusan rumah dan dapur dihandle pak suami. Kalau ditanya, mualnya tiap kecium bau apa, emm, hampir semuanya sih. Bahkan sabun cuci, sabun mandi yang dipake Farid, bawang putih, bau kalo ngeliwet nasi, bahkan bau parfumku sendiri bikin aku mual. Hahaha. 

Untungnya pas trimester pertama itu masih dalam keadaan liburan sekolah. Jadinya aku bisa istirahat penuh di rumah, kurang lebih selama dua mingguan lah. 

Ditengah perasaan mual itulah aku tetap harus masukin makanan ke perut supaya nggak kosong. Untungnya aku nggak ngalamin yang namanya ngidam aneh-aneh, kek minta dibeliin bubur ayam malem-malem, atau minta dicolongin manga punya tetangga gitu. Palingan minta sate ayam deket rumah, tapi habis itu Cuma dimakan dua tusuk. Haha. Atau minta direbusin sayur, tapi habis itu dikeluarin lagi. Gapapa yaaa :3

Oiya satu lagi, aku akan sangat mual kalau kedinginan. Perjuangannya adalah  saat mulai masuk kerja lagi dan harus naik motor sendiri sejauh kurang lebih 40 km PP. Dari rumah, alat tempurnya harus ready banget: pake jaket tebel, selendang buat nutupin dada, masker tebel, dan sarung tangan.

Tips dari aku ketika menghadapi morning sickness: nikmatin aja.

Eh, serius? Iya, serius. Yang namanya orang hamil muda, mabok itu wajar banget. Mual muntah wajar banget. Secara kan ya tubuh lagi menyesuaikan dengan hormon-hormon kehamilan yang mulai bermunculan. Yang penting tetep usahakan ada makanan yang masuk ke tubuh (sukur-sukur selalu bisa makan makanan bergizi) dan banyakin minum air putih. Oiya, asam folat, vitamin dan penambah darah juga diminum ya! Morning sickness biasanya bakalan berkurang dan bahkan hilang ketika sudah masuk trimester kedua. Jadi, bener-bener dinikmatin aja deh. Kan bisa tuh kesempatan buat manja-manjaan sama suami. Hahahahahahahahahahahaha~ #apaanseh

Oiya, suami juga harus siap sedia setiap saat lho ya kalau bumil butuh apa-apa dan minta diapa-apain. Maksudnya, minta diambilin ini itu, minta dibeliin ini itu. Bahkan, sampai pas istrinya muntah ya siap sedia, pijitin tengkuknya dan ambilkan wadah untuk menampung kotoran. Ini kan anaknya berdua, masa iya emaknya harus ngurus sendiri semuanya? 

Detak Jantung Pertama
Selama hamil, aku kontrol rutin sebulan sekali di dr. Lusiana Irene, Sp,OG. Aku tau beliau dari salah seorang teman kuliahku, namanya Disma. Dokter Lusi praktik di daerah Banguntapan (dekat JEC). Lokasi pasnya kalian googling aja ya gengs. Walaupun jaraknya lumayan jauh dari rumahku di Jl. Magelang, tapi sangat worth it. Dokter Lusi ini ramah banget, baik, dan penjelasannya ngga bikin bingung. Kalau masih ada yang perlu ditanyakan juga nggak perlu segan buat tanya ke beliau. Tapi, kalau mau  kontrol di sana, daftarnya harus jam 00.00, kalau kelewat satu jam aja bisa nggak kebagian antrian.

USG pertama pas minggu ke 9. Salah satu momen mengharukan di kehamilan ini adalah; mendengar detak jantung calon anakku dan Farid. Se-speechless itu. Di minggu ke 9, ukurannya masih segede kacang. Jadinya si calon baby ini sering kami panggil 'Peanut', kayak Scott Lang ke Cassie. Haha #termarvel


Setelah masuk bulan keempat, pengalaman yang aku rasakan ternyata beda lagi. Kalo klean penasaran, tunggu kelanjutan ceritanya ya!




2 komentar:

  1. Wa....mancapp. akhirnya posting kisah ini. Wqwq..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelamaan di draft. Takut jamuran mak. Ahaha

      Hapus

Komentar dari: