17 September 2018

Resep Bluder Belanda ala Hanijava dan #mbakipar

Halo pembaca! Setelah sekian lama, akhirnya update juga tulisan di blog ini. Maafkan membuat kalian rindu. Haha. Kali ini, gue akan berbagi resep roti yang baru aja gue dan mbakipar praktikkan kemarin. Kebetulan di rumah bumer ada acara pengajian, terus mbakipar yang emang jago bikin roti ngajak gue bikin roti yang namanya Bluder. 

Bluder di dalam Papercup
Bluder ini awalnya adalah roti yang berasal dari Eropa khususnya Belanda. Dibawa ke Indonesia sejak zaman penjajahan. Walaupun Belandanya sekarang sudah pergi, tapi ada peninggalan yang sampai saat ini masih menjadi idola orang-orang dan sekarang banyak dijumpai sebagai makanan khas dari Madiun. Salah satu Bluder yang terkenal adalah Bluder Cokro. Kalian bisa googling soal si Bluder Cokro ini.

Untuk bikin bluder, sebetulnya caranya nggak terlalu rumit. Hanya saja, butuh waktu yang cukup lama mulai dari mempersiapkan alat dan bahan sampai si Bluder ini siap untuk mengenyangkan perut. Jadi, gue nggak menyarankan si Bluder ini sebagai pilihan masakan, kalau kalian cuma punya waktu kira-kira 1 jam aja buat memasaknya.

Alat:
1. Mangkuk untuk menguleni
2. Cetakan roti
3. Kain
4. Oven
 5. Tangan yang kuat buat nguleni adonan dari bentukan yang lengket sampai kali

Bahan:
1. 2 butir telur
2. 150 gram gula pasir
3. 100 gram tepung terigu protein tinggi
4. 100 gram tepung terigu protein sedang
5. 4 gram ragi
6. 30 gram susu bubuk putih
7. 150 gram mentega
8. 1 sdt garam
9. Coklat batang secukupnya (untuk isian)

Bahan B (Biang):
1. 300 gram tepung terigu protein tinggi
2. 3 gram ragi
3. 180 ml air es

Cara pembuatan:
  1. Uleni bahan B dengan tangan sampai membentuk adonan, kemudian diamkan satu jam dalam mangkuk dan diberi kain penutup di bagian atasnya.
  2. Dalam mangkuk terpisah, campur tepung terigu, gula, ragi dan susu sambil diayak.
  3. Masukkan bahan B yang telah didiamkan selama satu jam tadi.
  4. Kocok telur dengan menggunakan mixer, tuang ke mangkuk berisi adonan.
  5. Masukkan mentega dan garam, uleni dengan tangan hingga kalis, kemudian diamkan 45 menit - 1 jam sampai adonan mengembang maksimal.
  6. Timbang adonan dengan berat masing-masing 50gram, kemudian bentuk bulatan dan isi bagian dalam adonan dengan coklat batang (atau kalian bisa menyesuaikan dengan isi favorit kalian, misal pandan, keju, dll).
  7. Letakkan adonan yang sudah terisi coklat tadi pada cetakan roti, sampai adonan habis.
  8. Diamkan adonan dalam cetakan selama 1 jam sampai mengembang (jangan lupa untuk selalu menutup adonan dengan kain saat didiamkan).
  9. Panaskan oven. Saat adonan akan dipanggang, olesi bagian atas dengan kuning telur.
  10. Panggang adonan dengan suhu 160 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit sampai adonan matang berwarna kecoklatan.
  11. Turunkan dari oven, kemudian sajikan.


Nah, lumayan lama kan waktu yang dibutuhkan buat bikin Bluder ini? Kalau dihitung, bisa sampai 4 jam. Kebanyakan nungguin. Kayak menunggu kabar darinya yang tak kunjung datang, membosankan. Ye gak? Haha #apaandah

Tapi, hasil yang bisa kalian nikmati ya sebanding deh sama usahanya. Hasilnya adalah Bluder yang garing di luar kayak kue, tapi lembut banget dan berongga di bagian dalamnya semacam roti. Bluder ini cocok banget buat ngganjel perut sambil nunggu makan siang, atau jadi temen nugas saat nunggu makan malam. 

Bluder fresh from the oven

Kemarin, gue dan mbakipar sangat puas dengan hasil Bluder yang kami buat. Lihat si adonan mentul mentul ngembang sempurnya #iniapa rasanya sungguh bahagia. Ditambah testimoni dari keluarga yang nyicipin, mereka juga bilang enak. Rasanya, bikin dari jam 10 pagi sampe sore nggak sia-sia dan nggak bikin kapok. Mudah-mudahan mbakipar mau ngajarin bikin roti atau kue-kue lain yang nggak kalah enak. 

Sebelum disobek

Setelah disobek

Gimana? Tertarik untuk mencoba?
Selamat mencoba~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: