14 Maret 2018

DIY Paper Flower: Bunga Kertas untuk Seserahan


Salah satu perintilan pernikahan yang butuh waktu cukup lama untuk mempersiapkannya adalah seserahan. Percaya atau enggak; mulai dari memikirkan konsep, membuat daftar kebutuhan, kroscek harga di sana-sini, mulai membeli isi seserahan, sampai akhirnya perkara membungkus seserahan itu butuh waktu total hampir satu bulan sendiri. 

Tapi, janganlah dianggap ribet ya. Karena ini momen persiapan hari bahagia, berarti nyiapinnya harus bahagia juga kan? Ya doong~

Seperti di postingan gue soal from A to Z di sini, gue kan bilang kalau seserahan pernikahannya gue bungkus dan gue hias sendiri. Salah satu hasilnya kayak gini nih:


Puas? Alhamdulillah puas banget. Entah kenapa karena semuanya handmade, rasanya jadi lebih berarti dan berkesan. Pas mau ngebongkar aja kayak eman-eman gitu.

Nah, salah satu printilan handmade yang gue buat adalah si kembang kertas atau paper flower ini. Ternyata pembuatannya nggak terlalu sulit, hasilnya juga lumayan bagus. Kalau ditanya dapet referensi dari mana….. Yaaa, dari Pinterest lah! Ehehehe.

Di bawah ini gue akan menceritakan bagaimana cara gue membuat DIY Flower Paper yang gue pakai untuk hiasan kotak seserahan. So, silakan dibaca sampai selesai ya!

Alat dan Bahan:


  1. Kertas krep warna-warni (kuning, hitam/coklat)
  2. Benang hitam
  3. Gunting
  4. Penggaris

Langkah Pengerjaan:
  1. Guntinglah kertas krep dengan 2 ukuran. Yang besar (kuning) berukuran 9x20cm, sedangkan yang kecil (hitam) berukuran 5x20cm
  2. Susun kertas krep tersebut masing-masing menjadi 5 lembar per susunan
  3. Letakkan susunan kertas krep yang kecil di atas susunan kertas krep yang besar
  4. Lipat kertas krep yang sudah disusun tadi seperti melipat kertas (dilipat bolak balik)
  5. Ikat bagian tengah lipatan kertas dengan menggunakan benang hitam
  6. Gunting bagian ujung kertas krep membentuk lengkungan keluar
  7. Lebarkan lipatan kertas krep membentuk lingkaran
  8. Tarik ke atas lembaran kertas krep satu persatu yang telah tersusun sampai membentuk bunga

Kurang lebih, tutorial yang di pinterest kayak gini nih:

credit: Pinterest | dan sini


Taraaa! Nggak susah kan? Kalau mau bunga dengan bentuk kelopak yang berbeda, bisa dilakukan dengan mengubah bentuk guntingan kertas yang berada di bagian ujung.

Bikinlah bunga yang agak banyak, kemudian susun-susun di kotak seserahan. Bisa ditambah daun sintetis atau ornamen lain. 

Oiya, flower paper ini juga bisa dibuat dengan bentuk yang besar yaa. Kalian tinggal potong kertas sesuai dengan ukuran yang lebih besar. Bisa dipakai buat dekorasi engagement, atau bridal shower, atau ulang tahun dan yang lainnya.

Proses pembuatan flower paper yang gue lakukan untuk keseluruhan kotak seserahan gue hanya membutuhkan waktu satu hari loh.

Seserahan handmade by me for myself :D



Gimana? Kalian mau coba buat juga?

Harga:
Kertas krep Rp2.500/pc 
Benang Rp1.500/pc

2 komentar:

  1. Sangat bermanfaat buat saya yg semoga cepat nyusul nikah.

    Kok blog lu jadi bagus gini bun? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. gue menunggu kabar baik pokoknya. Haha
      Iya dong, mantap kan? :D haha

      Hapus

Komentar dari: