27 Januari 2020

Jadi working mom atau di rumah aja?

Wah berat nih berat..

Membahas soal working mom dan stay-at-home mom memang nggak akan ada habisnya. Semua punya kelebihan dan kekurangan, semua keputusan akhir sudah pasti telah didiskusikan dengan matang bersama keluarga. Walaupun waktu bersama di rumah dengan si kecil akan berbeda, satu hal yang sama: ibu hanya ingin anaknya sehat dan bahagia. Betul tydaq?

Di postingan ini aku nggak mau bahas perbandingan working mom dan stay-at-home mom, termasuk bagaimana pola asuhnya yang kadangkala kalau dilihat di sosial media tuh kayaknya bikin para ibu jadi insekyur. "Kalo jadi working mom itu nggak bisa ngontrol pola asuh anak..", atau "Buat apa aku kuliah tinggi-tinggi kalau hanya untuk di rumah aja..". Hadeh, percaya padaku bahwa perdebatan soal itu tiada gunanya. Bikin emosi doang.

Aku cuma akan cerita tentang bagaimana aku menjalani kehidupanku sebagai seorang working mom dan juga sesekali menjadi stay-at-home mom. Tentang bagaimana realitanya, bagaimana perasaanku, dan berakhir dengan kesimpulan: mana sih yang lebih enak?

Oke, tarik nafas dulu. Mudah-mudahan ngga salah ngomong. Hehe.

Secara default, jadwal kerjaku mulai Juli 2019 sampai saat ini bisa dibilang hampir kayak ASN (walaupun aku bukan), which is berangkat pagi banget dan pulang setelah Ashar.

"Loh, kamu kan GTT, ngapain ikut jam kerja ASN?"

Ya sebenernya siapa yang mau sih? Wkwk. Sayangnya, pengaturan jadwal di tahun ajaran 2019/2020 ini memang kayaknya nggak bersahabat gitu sama aku. Selalu dapet jam ngajar pertama dan terakhir, tengahnya bolong. 36 jam pelajaran yang mesti aku ampu juga nggak bisa bikin aku pulang pas jam kosong, karena..... jauh banget ya Allah dari rumah T.T

Oiya, aku kerja 5 hari seminggu. Senin-Kamis dan Sabtu. Jum'at kosong alias howreeeee jadi stay-at-home mom!

Jadwal kerjaku berimbas pada kuantitas pertemuanku dengan Anak Bayik. Pagi dia bangun sebelum Subuh, aku gendong, ganti popok dan langsung dimomong sama Ayah atau Mbah Kakung. Aku nyiapin keperluanku sendiri. Maksimal jam 6.30 aku udah harus banget berangkat. Seharian Anak Bayik dimomong sama Mbah Kakung, Ati (ibu mertuaku) atau Ayah kalau lagi nggak ke sawah atau nggak ada jadwal ngajar. Sampai rumah jam 16.00 kadang Anak Bayik udah selesai mandi, tinggal DBF, main sampai magrib, makan malam dan dia tidur (biasanya sih tidur habis Isya).

Udah, gitu aja tiap hari.
Kadang rasanya belum puas main sama Anak Bayik, ngelihat hari ini dia punya kemampuan baru apa, makannya lahap atau enggak, snack dan buahnya habis seberapa banyak, minum yang aku siapin habis atau enggak.. Tapi ya mau gimana, keadaannya harus begitu. 

Sejujurnya, aku besar di keluarga yang perempuannya kebanyakan jadi stay-at-home mom alias mbokku dewe ki yo IRT. Jadi, aku agak kurang bisa membawa diri dan susah juga buat membiasakan diri hidup di lingkungan yang suami-istri kudu kerja, anak dijagain orang lain. Tapi ya semakin kesini aku semakin terbiasa lah.. tapi, masih belajar membiasakan diri.

Kalau udah kamis malam, ku happy banget gaes. Bukan karena malam jum'at lalu sunnah rosul (emmm...), tapi karena Jum'at aku off. Aku bisa seharian di rumah, main, nyuapin, pokoknya hari bermain bersama ibu deh kalau Jum'at tuh.

Apalagi minggu kemarin tuh kebetulan banget sempet kejadian aku salah makan dan akhirnya tengah malam aku muntah-muntah, dibawa ke IGD dan untungnya nggak sampai harus dirawat. Singkat cerita aku dapet surat dokter untuk istirahat 2 hari, which is itu hari Rabu dan Kamis. Hari Jum'at emang aku off, dan Sabtu tanggal merah Imlek. Minggu libur pula. OMG, ini liburan yang tak terencana. Hehe.

Akhirnya aku melepaskan semua beban kerjaan di minggu kemaren, dan fokus untuk istirahat dan mengganti waktu yang hilang bersama Anak Bayik.

Kemudian aku dan Suami memboyong Anak Bayik ke rumah Sleman...

Nggak tau ini emang terjadi di semua orang atau aku aja, tapi kalau kita ada deket sama ibu tuh bawaannya jadi lebih manja ngga sih? Haha. Di rumah Kalibawang tuh aku rasanya kayak nggak ngapa-ngapain karena hampir sebagian besar kerjaan dihandle ibu mertua. Even nyuci pun! (Gara-gara aku gabisa pake mesin cuci front load nih, dan kalo nyuci kudu sampai penuh).

Tapi kalau di Sleman, aku merasa hidupku jadi lebih tertata. Hahaha. Ini aku ceritain bagianku saat jadi stay-at-home mom.

Sebelum subuh bangun, nyuci piring, beresin mainan Anak Bayik, nyapu, sholat. Anak Bayik bangun, ganti popok, nyuci baju terus ngajak Anak Bayik main di depan rumah. Nyuapin Anak Bayik, terus nemenin bobok pagi. Habis Anak Bayik bangun, mandiin, ngajak main, snack time. Makan siang, bobok siang. Bangun, mandi sore, main di depan rumah, makan malam. Main sebentar, nemenin bobok habis Isya. 

Repeat.

Feels like... Ha gene aku yo ki iso nggarap gawean omah sakmono akehe. Apa? Nggak ada masak? Ya emang. Kalo masak aku bhabhay ajaaa~ Serahkan pada ahlinya (baca: Suami). Hahahaha.

Seneng banget tau rasanya bisa nemenin Anak Bayik main, jadi yang pertama tau kemampuan baru dia, ngajarin ngomong, bacain buku. Pokoknya selalu ada disampingnya, dan jadi orang pertama yang bantu ketika dia butuh bantuan.

Tapi....... ternyata kerjaan kantorku nggak bisa kepegang gaes.
Biasanya, di waktu-waktu kosong di sekolah pas aku nggak ngajar, aku bisa nyelesaikan pekerjaanku, ngoreksi, bikin soal, jobsheet atau nulis di blog kayak gini.

Kadangkala seorang stay-at-home mom mengeluhkan kondisi dimana mereka susah banget buat 'me time', karena yaa emang bener kalau jadi stay-at-home mom itu ke kamar mandi aja ditangisin. Nggak keliatan sedetik doang gara-gara beda ruangan aja dicari-cari. Lihat kondisi rumah yang begituuuu terus juga pasti bikin ibu merasa jenuh. Nah, kalau buatku waktu ketika aku harus bekerja juga kudedikasikan sebagai 'me time'. Asalkan jam pulang nggak molor dan tetep sampai rumah on time.

Jadi, menurutku mana yang lebih enak?
Pertama, somehow seorang ibu bekerja punya berbagai alasan, bisa jadi karena faktor ekonomi, atau lainnya. Kalau aku sih karena cita-citaku emang jadi guru dan biar aku juga punya penghasilan sendiri untuk tabungan (masih related ngga sih kalau ngomongin cita-cita, haha). Cuma aku tuh nggak mau yang ngoyo banget kerjanya, aku masih pengen punya waktu beberapa hari dalam seminggu untuk jadi stay-at-home mom. Jadi misal kerja 3 hari, di rumah 4 hari.

Bekerja juga bisa jadi pengembangan diri untuk si ibu. Ketemu banyak orang, banyak insight juga. Ketemu banyak anak-anak remaja beserta problematikanya. Bisa banget itu jadi bekal biar ngga salah asuh anak.

Kesimpulannya: aku bahagia dan bersyukur dengan apa yang aku jalani saat ini.
Tapi aku dan Suami sedang merencanakan sesuatu yang mudah-mudahan aja bisa jadi jalan pembuka pintu rezeki yang lain. Doakan ya om dan tante onlen :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: