16 Januari 2020

How I Deal With This Feeling

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Postingan curhat doang. Ngga dibaca juga gapapa.
Setiap ibu tuh pasti akan mengusahakan yang terbaik dong ya buat anaknya, termasuk dalam hal meng-ASI-hi. Segala macam cara untuk menaikkan produksi ASI mulai dari banyak makan makanan yang bergizi, selalu berusaha untuk merasa happy, sering-sering pumping, makan dan minum ASI booster pasti udah dijabanin. Kali ini aku mau cerita soal lika liku perjalanan meng-ASI-hi Anak Bayik selama hampir 11 bulan, berikut dengan berbagai drama yang ada.

Jadi, sebenernya aku bukan tipe yang bermasalah dengan ASI sejak Anak Bayik lahir. Pas hamil di 36-37 minggu itu, ASIku udah keluar. Sampai pas Anak Bayik lahir dan dbf pertama kali tuh juga aman-aman aja nggak ada masalah dengan ASI. Terus, karena aku baca-baca di instagram soal bagaimana mencukupi kebutuhan ASI untuk working mom, aku jadi beli alat pumping untuk bikin stok ASIP di kulkas.

Alat pumping pertamaku itu yang manual. Pertama kali pumping di hari ke 4 setelah melahirkan kalau aku nggak lupa, dan langsung dapat kurang lebih 160 ml. Hasilnya langsung masuk kulkas dan freezer. Sengaja akutu mulai pumping di awal, karena masa cutiku kan masih 3 bulan, jadi aku bisa ngumpulin stok ASIP yang banyak biar Anak Bayik nggak kekurangan, plus aku juga nggak perlu ngoyo kejar tayang.

Akhirnya botol-botol penuh ASIP mulai memadati freezer..
Setelah beberapa kali nyoba pumping pakai pompa manual, lama-lama nggak betah karena pompanya tuh sakit banget dan aku susah setting alatnya. Kalo kekendoran, nggak keluar itu ASI. Kalo kekencengan ya sakit juga. Udah gitu kalau misalnya habis pumping terus mau dbf, Anak Bayik gamau karena ada yang bengkak (yah you know what is that). Jadilah aku mulai belajar untuk pumping pakai tangan atau istilahnya tuh marmet kata mamak @rennatapranata.

Aku marmet 2x sehari di jam 10 pagi dan jam 10 malam. Setiap kali marmet aku nggak pernah targetin harus dapet sekian ratus ml. Sedapetnya aja. Dapat banyak ya bersyukur, kalau pas nggak banyak ya bersyukur juga. Pokoknya tetap happy. Karena kunci kelancaran ASI juga dipengaruhi oleh rasa bahagia dan mood dari si ibu. Oiya, ada kok tips and trick supaya pas marmet tu aliran ASI jadi lancar (dapet LDR), aku udah nerapin cara itu juga. Jangan kira tiap marmet aku selalu banjir yaa, enggak juga. Bahkan pernah kok basahin pantat botol doang. But it's okay..

Drama setelah marmet adalah, payudaraku lecet. Bukan lecet lagi sih, luka. Jadi di bagian yang diperah itu kulitnya terkelupas kayak kulit habis digarukin gara-gara digigit nyamuk gitu loh. Soalnya kalau marmet itu kan bagian kulit yang kena jempol kan itu-itu terus, jadinya yah lecet lah. Dan itu di kanan dan kiri. Kebayang rasanya marmet sambil nahan perih tapi tetep harus happy. Daripada nggak nabung ASIP, ya kaaaan? Yaudah dinikmatin aja lah rasa sakitnya gimana sambil berharap lukanya cepet sembuh dan nggak meninggalkan bekas. Terus, apakah lukanya sembuh? Alhamdulillah iya...

Setelah stok ASIP mulai membeku memenuhi freezer, ternyata daerah rumahku sering banget mati listrik T.T Ibu-ibu menyusui yang stok ASIP pasti bakalan panik banget kalau udah mati listrik sampai berjam-jam. Masalahnya adalah, ASIP beku, kalo udah encer gabisa dibekuin lagi gaes. Udah gitu asip beku yang udah encer cuma punya waktu 4 jam aja di suhu ruang. Jadi, intinya pada suatu hari, mati lampu lumayan lama banget dan akhirnya stok ASIP ku nggak bisa diselamatkan. Ah, jadi pen nangis kan inget ini. Akhirnya dengan penuh kerelaan, ASIP itu dibuang. Ya dibuang, orang udah nggak bisa diapa-apain lagi..

Mulai lagi deh dari awal..
Kali ini, aku bikin tempat cadangan untuk simpan stok ASIP. Jadi, selain di rumah mertuaku (tempatku tinggal), aku juga nyetok ASIP di rumah simbahku yang notabene kulkas kosong dan jarang banget mati listrik. Suamiku bertugas sebagai kurir ASIP yang mindah-mindahin ASIP dengan jarak tempuh kurang lebih 20 km-an lah. Capek? Yah, pokoknya prinsipku adalah aku mau ngasih yang terbaik buat anakku.

Menjelang masa cuti berakhir, aku mulai cari-cari pompa elektrik supaya pumping jadi lebih gampang. Kalau marmet kan nggak bisa disembarang tempat, begitupun kalau pakai yang manual. Kalau pakai pompa elektrik, tangan masih bebas ngapain aja selama proses pumping, dan nggak perlu terlalu terekspos. Maklum, di tempatku kerja ngga ada ruang laktasi. Jadi ya pinter-pinternya aja lah gimana caranya. Akhirnya aku sewa pompa elektrik (karena yang menurut orang-orang bagus dan awet itu lumayan mahal harganya) selama satu bulan. Ternyata Alhamdulillah cocok, dan aku mulai nyetok ASIP pakai pompa itu. Pumping juga bisa jadi lebih sering karena bisa sambil santai-santai.

Menjelang masa cuti berakhir juga adalah saat mendebarkan dimana suamiku belajar untuk ngasih ASIP ke Anak Bayik. Suamiku belajar gimana caranya menyiapkan ASIP, nurunin ke chiller, sterilin botol, menghangatkan ASIP sampai memastikan ASIP masuk ke perut Anak Bayik. Kalau dbf mah gampang banget, tapi kalau minumin ASIP? Ooooo tidak semudah itu ferguso. Awalnya aku mencoba tidak menggunakan dot. Aku coba semua media pemberian ASIP mulai dari botol sendok, pipet, sendok, gelas kecil (khusus untuk obat/ASIP), daaaaan semuanya tidak berhasil dengan baik. Hahaha.

Emang nggak mudah untuk Anak Bayik, untuk suamiku, bahkan untuk aku sendiri saat melalui proses ini. Kami semua belajar. Anak Bayik tuh gini, kalau aku ada di rumah, dia maunya dbf. Dan kalau aku di rumah, aku nggak tega liat dia minum nggak dbf. Padahal ya harus latihan dulu sebelum aku bener-bener masuk kerja. Akhirnya suamiku bilang, "Kamu me time dulu sana..". Jadilah ketemuan sama Akhi dan Rahma di Sushi Story waktu itu. Kutinggal pergi beberapa jam, dan pas pulang dikabari kalau Anak Bayik susah diminumin ASIP.

Gimana dong terusan?

Ya tetep dicoba. Sampai akhirnya hari pertama aku kerja lagi, Anak Bayik di rumah berdua sama suamiku. Selama aku tinggal kerja, minum Anak Bayik tetap aku pantau. Sedihnya adalah ketika dalam waktu 7 jam itu dia cuma mau minum 50 ml aja. Hiks, hiks. Ibu tau ini nggak mudah, nak..

Karena pemberian ASIP ini udah ngga sesuai dengan rencana awal, akhirnya kami mencoba pakai dot. Gimana hasilnya? Ternyata masih susah gaes. Minumnya nggak mau banyak. Aku coba evaluasi dari ASIPnya, caraku nyimpan udah sesuai dengan yang seharusnya kok. Cara mencairkannya juga udah sesuai dengan yang seharusnya kok.

Nah, pada masa ini kan kepotong lebaran tuh. Pas libur lebaran aku sempet bersih-bersih freezer dan menerima kenyataan bahwa aku harus mengosongkan freezer dari ASIP beku yang udah lebih dari 3 bulan diperah. Alhasil, dua kantong kresek gede itu isi freezer aku keluarin dan harus aku buang karena udah kadaluarsa. Kalau dihitung, mungkin ada 50an lebih kantong ASIP beku yang berakhir di pembuangan. HOOOOOOH MONANGES AJA WAKTU ITU. Freezer kini tersisa ASIP beku yang belum sampai 3 bulan dan menunggu dihabiskan oleh Anak Bayik.

Ternyata setelah dikulik-kulik, dilakukan penelitian, dan dicoba sampai berminggu-minggu kemudian dengan berbagai cara untuk ngasih ASIP ke Anak Bayik (entah itu ganti karet dot dan lain sebagainya), ditemukanlah solusi bagi permasalahan ini.

Anak Bayik mau minum kalau ASIPnya belum pernah dibekukan.

Drama apa lagi ini gaes?
Jadi, kalau ASIP baru sampai chiller, dia mau minum agak banyak. Tapi kalau ASIP beku yang dicairkan, BIG NO. Nah, mulai dari sinilah drama selanjutnya dimulai. Aku kudu kejar tayang gaes. ASIP di chiller cuma bisa bertahan maksimal 72 jam (cmiiw ya, seingetku gini tapi ada suhu pastinya kok, cuma aku lupa). Jadi, aku pumping hari ini untuk diminum Anak Bayik keesokan harinya. Nah, dalam sehari pumping pas kerja, aku cuma bisa 2x doang pas istirahat. Alhasil, paling aku cuma bawa pulang 2 botol aja setiap harinya.

Kadang kalau ada lebihan ya bisa tuh di kulkas sampai 3 botol penuh untuk diminum Anak Bayik dalam satu hari. Tapi, ternyata, Anak Bayik ini beneran gabisa diprediksi. Apalagi setelah MPASI, minum ASIP dia nggak langsung meningkat 100% gitu. Kadang cuma minum 100 ml doang, masih sisa 2 botol lagi dan kalau udah kelamaan tetep berakhir dengan "buang".

Kadang tuh saking akutu nggak tega buang ASIP, aku akan taruh ASIP basi di pinggir wastafel sampai ada orang lain yang buang itu ASIPnya. Yah pokoknya gitu lah.

Terakhir,
Sejak liburan akhir tahun kemarin, aku full tuh sama Anak Bayik. Liburan ke Bogor juga. Alhasil aku skip pumping dong karena ngga bakal bisa nyetok juga. Aku liburannya di Bogor (bawa ASIP nya ke Jogja gimane biar tetep bisa dipake ya kan?). Efeknya ternyata membuatku menyesal gaes. Pertama, PD yang jarang dipake DBF sama Anak Bayik jadi bengkak. Kedua, setelah balik ke Jogja dan mulai pumping lagi, hasilnya nggak sebanyak kemaren-kemaren dong. Huahauahauaua...

Pertamanya kayak yang, "Oh hasilnya segini.. Oke..", berusaha untuk tetep biasa aja walaupun kalau pumping pagi tuh seringnya cuma basahin pantat botol doang. Tapi setelah liburan ini bumer dan pakmer yang bantu momong Anak Bayik tuh bilang kalau ASIP yang aku siapin di rumah tu kurang. Anak Bayik sekarang minumnya udah banyak, plus air putih juga. Ya emang aku ngerasa banget kalau stok yang aku siapin kurang, dan sekarang lagi berusaha untuk memperbaiki semua.

Memperbaiki mindset, memperbaiki pola makan dan memperbaiki jadwal pumping. Harapanku cuma satu, ASIku cukup. Nggak berlebih nggak apa-apa, asalkan cukup, yasudah.

Oiya, kemaren sempet agak ketrigger gara-gara waktu pumping di sekolah (kebetulan yang busui nggak cuma aku), temenku dapet dua botol penuh dan aku cuma dapet sebotol aja dalam satu sesi pumping.

"Loh, punya bu xxx itu penuh sampe dua botol, kok punya njenengan enggak bu?"
Ingin aku ngegas rasanya, haha. Tapi yasudahlah. Ternyata memang sesensitif itu rasanya.

Daaaaaan di bulan ke 10 kemarin (kayaknya sih 10,5), akhirnya Anak Bayik minum sufor...
Bentar, tisu mana tisu..

Harapanku untuk bisa full ASI doang sampai Anak Bayik disapih sudahlah sirna. Awalnya kayak mengutuki diri gitu, "Elu sih pumping ga teratur, makan ga bener. Sekarang kurang kan ASInya.". Tapi mengingat bahwa Anak Bayik juga perlu tambahan cairan supaya tetep sehat dan bb nya nggak turun, akhirnya hati kecil ini perlahan menerima. Aku akan tetap mengusahakan ASI untuk Anak Bayik, sufor cuma tambahan. Tiap pulang kerja aku kudu bawain Anak Bayik oleh-oleh botol kaca yang terisi ASIP. Dan aku pasti bisa menyusui Anak Bayik, memenuhi haknya sampai 2 tahun nanti.

Sebenernya ngga ada yang berubah dari diriku. Cuma kadang sedih aja gitu. Tapi suamiku tu nguatin banget. Dia ngga pernah ngepush aku untuk saklek ini dan itu. Nggak pernah marah juga kalau aku nunjukin hasil pumping yang cuma basahin pantat botol doang, paling cuma ketawa. Dan suamiku adalah orang yang concern banget soal apa yang aku dan Anak Bayik makan. Dibalik semua kesibukannya ngajar dan nyawah, dia juga akan memilihkan makanan terbaik buat aku dan Anak Bayik. Masakin makanan enak, sesuatu yang aku nggak bisa lakukan.

Emang bener, jadi orang tua tu belajarnya setiap hari setiap waktu. Ngga ada ceritanya jadi orang tua tu terus bakal nyaman-nyaman aja. Kalau selalu terhanyut dengan perasaan mellow, sedih dan perasaan negatif lainnya, secara nggak sadar pasti akan terasa dan mungkin terbawa sama anak. Jadi, since hidupku bukan lagi hanya tentang aku, harus pinter-pinter mengolah rasa aja.

Om dan tante online, doakan kami sehat dan bahagia selalu ya :)

Kok panjang ya? Haha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: