13 Januari 2020

DIY: Dekorasi Backdrop Aqiqah Sederhana dan Murah Meriah

Akhir bulan Desember lalu, aku diminta untuk bantuin adekku bikin dekorasi Aqiqah untuk anak pertamanya. Sebagai budhe yang baik (ya ampun udah jadi budhe aja) dan emang gatel banget tangan kalau ngomongin soal dekorasi, akhirnya aku setuju untuk bantu. Dari awal emang nggak ada niatan untuk sewa dekorasi yang kekinian gitu sih. Adekku pengen yang sederhana aja, tapi bagus. Jadinya ya nggak perlu lah yang mahal banget. Cukup pakai peralatan yang ada di rumah, kalaupun harus beli sesuatu ya jadinya nggak mahal-mahal banget.



Jadilah aku cari inspirasi di instagram lewat hashtag #dekorasiaqiqah. Emang banyak banget sih hasilnya, tapi menurutku kebanyakan yang too much gitu. Kalau mau ngikutin yang sama persis bakalan menghabiskan dana yang nggak sedikit. Coba cari-cari lewat postingan blog, tapi kok kurang memuaskan yaa (banyak mau nih budhe). Akhirnya ya coba desain sendiri dengan modal otak dan gambar dari freepik.com (inih website vektor andalanqu btw).

Aku cuma bikin desain backdropnya aja sih supaya ada bayangan pas dekor nanti kayak gimana. Nah, desain awal backdropnya tuh kayak gini.



Yang di-acc sama adekku adalah yang tulisannya warna biru.

Nah, sekarang saatnya mempersiapkan alat dan bahan. Total biaya yang dikeluarkan untuk bikin dekorasi backdrop DIY ini nggak sampai 150 ribu loh. Nanti bakal aku tulis rincian biaya yang dikeluarkan ya!

Bahan-bahan:
  1. Styrofoam warna kuning 
  2. Styrofoam warna biru laut 
  3. Balon bentuk love
  4. Lilin lem tembak
  5. Kain satin kiloan ukuran 3m 

Alat-alat:
  1. Stand backdrop foto ukuran 3m
  2. Lem tembak
  3. Alat potong gabus
  4. Peniti dan Jarum
Alat Potong Gabus

Stand Backdrop Foto

Langkah-langkah:
  1. Pertama aku buat ornamennya dulu dengan cara ngeprint di kertas bekas, kemudian dipotong dan dijiplak di atas styrofoam
  2. Potong styrofoam menggunakan alat potong gabus. Alat ini sistem kerjanya pakai panas di kawatnya gitu, jadi hati-hati ya menggunakannya.
  3. Setelah seluruh ornamen selesai, sisihkan dulu.
  4. Rakit stand backdrop fotonya, terus pasang kain satin pada bagian atas stand backdropnya. Kencangkan atau kunci pakai peniti atau jarum pentul supaya nggak lepas atau melorot.
  5. Teknik memasang kain satinnya adalah: bagian untuk ngunci sama tiangnya nggak usah dibuat terlalu panjang, asalkan dia nggak lepas udah cukup. Terus disusunnya jangan menegang, tapi dibikin agak bertumpuk supaya terkesan bervolume dan tidak menerawang. Sesuaikan juga dengan lebar kain ya.
  6. Tempelkan ornamen yang sudah disiapkan dengan menggunakan lem tembak. Nggak perlu seluruhnya sih, cukup satu titik aja di bagian belakang ornamen, terus langsung tempel aja di kain (supaya ngelepasnya nggak susah dan kainnya masih bisa dipakai untuk acara yang lain)
  7. Tinggikan stand backdrop sampai ketinggian maksimal, rapikan bagian samping dan bawah kain.
  8. Setelah balon ditiup, letakkan di bagian samping bawah kanan dan kiri backdrop.

Backdrop Aqiqah sudah selesai...
Btw backdrop ini aku pasang di garasi (karena acaranya emang di garasi beb, hehe). Jadi ukuran garasinya ya ngepas lah untuk satu mobil dan satu motor dijejerin. Untuk tambahannya, di bagian samping kiri dikasih hiasan bunga plastik karya ibuku. Sedangkan di samping kanan aku taruh rak putih untuk tempat frame (tadinya mau dikasih foto, tapi nggak sempet cetak mencetak) dan air serta perlengkapan gunting rambut (nggak kefoto). Bagian bawah aku kasih karpet yang ada aja di rumah, plus karpet quilting karya ibuku (ibuku emang kreatif banget tangannya).

Hasil akhirnya adalah sebagai berikut...



Puas banget aku sama hasil dekorasi DIY untuk aqiqah keponakanku. Sederhana tapi tetep enak dipandang dan bagus buat foto-foto. Pas mau bongkar rasanya kok eman-eman, haha. Akhirnya backdropnya bertahan beberapa hari di garasi sampai akhirnya tetep harus dibongkar dan ornamennya masih bisa dipakai di kamar keponakanku.

Oiya untuk rincian biayanya segini ya gaes:
1. Styrofoam warna kuning 2x@Rp 5000, Rp 10.000
2. Styrofoam warna biru laut 4x@Rp 5000, Rp 20.000
3. Balon bentuk love 10x@Rp 1000, Rp 10.000
4. Kain satin kiloan ukuran 3m Rp 60.000
5. Alat potong gabus Rp 50.000
Total Rp 150.000

Cukup hemat karena stand backdropnya punya adekku dan nggak perlu beli. Kalau kamu punya jenis kain lainnya yang bisa dipakai juga bisa kok untuk menggantikan kain satin. Dekorasi DIY ini juga bisa banget kalau mau dimodifikasi dengan penambahan lampu tumblr atau daun sintetis.

Okey, sampai jumpa di postingan DIY-ku yang lain ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: