9 Februari 2012

Kos - Kosan Gayam

Apaan tuh Kos-Kosan Gayam? Kos-Kosan yang berisikan Gayam Kampus (ayam kampus) kah? Hoh, bukaaaaaan~

Jadi, Kos-Kosan Gayam itu adalah.............

Kos Kosan Gayam adalah drama komedi berdurasi satu jam yang menampilkan problematika keseharian tiga mahasiswa yang kos di kota pelajar. Kisah persahabatan mereka di perantauan ini disampaikan secara kocak lewat tiga karakter utama:
Bram adalah mahasiswa asal Jakarta yang (sok) playboy, gaul, kaya dan bijaksana tapi selalu meleset dalam memberikan solusi atas masalah yang dihadapi kedua sahabatnya.
Icuk Simarmata, pemuda asal Sumatera yang selalu ingin serba cepat tapi ceroboh. Lantang berbicara, sok tegas, tapi justru paling manja dan sangat tergantung dengan ibunya yang nun jauh di Medan. Terakhir adalah Parwoto, mahasiswa asal Klaten yang berkarakter polos, sopan dan tidak bisa lepas dari ayam-ayam kesayangannya.
Ikuti pengalaman lucu mereka setiap Kamis jam 9 malam.
Di copy dari : Website Geronimo FM Yogyakarta
Yepp, KosKosanGayam (atau yang selanjutnya disebut dengan KKG) adalah drama radio yang diputar di 106.1 Geronimo FM Yogyakarta, setiap hari kamis jam 9 malam. Durasi dramanya sekitar 1 jam. Tapi tenang aja, selama satu jam itu kalian nggak akan bosen dengerin karena isi dramanya itu loh. Asli bikin ngakak dan nagih banget buat ndengerin episode selanjutnya.

Opening dari KKG ini adalah sebuah lagu yang kesannya jadul banget (nggak tau juga itu lagu siapa), yang jelas, tiap denger lagu ini, berarti sesaat lagi KKG akan segera dimulai. Saatnya memperbesar volume suara dari radio dan fokus untuk mendengarkannya.

Isi ceritanya tentang kehidupan sehari-hari 3 mahasiswa yang sedang kuliah di Universitas Negeri Swasta Mandiri di Yogyakarta. Ada BRAMANA DANU (Bram), mahasiswa asal Jakarta yang kece abis suaranya. Asli aku naksir berat sama suaranya Bram. Celotehan khasnya Bram adalah "Kamu tuh harus fokus.." dan segala ke sotoy-an dia yang bisa membuat Icuk, Parwoto bahkan sampai Pak Kos hanya bisa hening mendengarkan ceramahnya. Bisa dibilang, Bram ini paling cerdas diantara ketiga karakter utama di KKG. Biasanya mahasiswa lain bermasalah dengan uang, karena uang bulanan kiriman orang tuanya kurang, tetapi Bram bermasalah dengan uang karena dia bingung bagaimana harus menghabiskan uang yang dikirimkan mamanya (Jeng Iis). Bahkan kadang sampai uangnya dipinjam-pinjamkan kepada Icuk dan Parwoto, atau digunakan untuk membeli suatu hal yang kurang penting. Bayangkan, dalam sebulan bisa ganti-ganti velg motor hanya karena biar warnanya ganti-ganti :D Pemeran Bram dalam KKG adalah @ItsRhino

Selanjutnya ada ICUK SIMARMATA (Icuk), pemuda berlogat batak ini yang paling konyol. Kalo dilihat dari bodinya di avatar twitter dan fanpagenya KKG, Icuk gendut banget ya. Celotehan khasnya Icuk kalau sedang bertelefon dengan mamaknya (yang entah kenapa kok bisa jadi ngapak) pasti begini, "halo mamak, ini aku, Icuk Simarmata, anakmu yang kintung-kintung itu.." dan "urat kali kau ini.." hahaha :D Icuk ini yang paling sering dikerjain sama Bram dan Parwoto entah saking polosnya apa gimana. Punya pacar namanya Butet, tapi naksir sama Mbak Ratna :p. Pemeran Icuk dalam KKG adalah @awangizm

Yang ketiga adalah PARWOTO SARDI (Parwoto), mahasiswa yang ini berasal dari Klaten. Punya dua ayam peliharaan yang dikasih nama Darmo sama Silvi. Parwoto bilang dia selalu berkomunikasi dengan ayam-ayamnya. Makanan kesukaan Darmo dan Silvi adalah Kroto dengan aneka rasa. Dan Parwoto tuh memperlakukan mereka udah kaya anak manusia. Dimandiin, disekolahin, diapain lah pokoknya seluruh hidupnya kayaknya untuk Darmo dan Silvi. Kalo celotehan Parwoto yang paling sering aku denger adalah "ih njijiki Bram/Cuk" dan "uoppoh...". Oiya, ada perbedaan panggilan kepada Parwoto dari Bram dan Icuk. Kalo Bram manggilnya, "Par". Kalo Icuk, manggilnya "Wot". Parwoto juga punya pacar namanya Tita yang lagi student exchange ke Zimbabwe cuma gara-gara pingin lihat binatang...mmm..apa tuh... aduuh lupaaa.. (beneran lupa) :| Pemeran Parwoto dalam KKG tuuuh... Aduh aku gatau. Hehehe (pis oom pissss...)

Dan karakter lain yang bikin tambah seru adalah, Pak Kosnaeni ( apa Kusnaeni ya?). Sang pemilik Kos yang kadang-kadang juga dipecundangi oleh 3 anak kosnya. Lalu ada Sangadi, yang keponakannya pak Kos. Logatnya ngapak asli. Bikin ngakak :D Masih banyak lagi karakter-karakter berbeda setiap minggunya.

Ciri khas KKG juga sering menggunakan sound effect suara panci gitu #cethank :D Terus kalo lagi pindah tempat, pake OST nya Amigos. Alur ceritanya fresh banget. Kadang juga kedengerannya emang yang di studio itu ngakak beneran :D

Aku dikenalkan KKG itu semenjak kuliah di Jogja satu semester yang lalu. Yang mengenalkan itu Fiani. Awalnya cuma coba-coba dengerin aja soalnya katanya lucu. Ternyata ... nggak lucu. Tapi lucu banget :D :D Jadilah kegiatan rutin malem jum'at jam 9 malem adalah dengerin KosKosanGayam selama satu jam. Lumayan, teman sebelum tidur. Twitter pun penuh dengan Hastag #KosKosanGayam. Banyak quotes yang bisa diambil dari dialog karakternya juga.. Bahkan, aku sama Fiani juga sering mempraktikkan dialog-dialog di KKG dalam kehidupan sehari-hari. 

Dan aku sama Fiani sudah membuktikan bahwa KKG adalah obat galau paling ampuh :D Mau nangis jadinya malah ngakak... (Cuma waktu itu aku bisa nggak ketawa sedikitpun dengerin KKG gara2 galunya udah tingkat ASEAN) :p :p

Yah, inilah review singkat tentang KKG dimata saya. Semoga berkenan. Tetep siarkan terus KKG ya Geronimo FM. Semoga Bram, Icuk, Parwoto rejekinya lancaaaaaaaaaar... Aaamiin :) :)

terakhir, yang masih bikin aku bingung. BramCukPar itu umurnya berapa ya?

1 komentar:

Komentar dari: