16 Desember 2019

Review MPASI Baby H dari 6-9 Bulan

Photo by JOSHUA COLEMAN on Unsplash
Ternyata... (belom-belom udah ternyata)
Yah, ternyata menjadi orang tua seperti apa kita nantinya memang dimulai sejak kita mengenal diri kita masing-masing. Pernikahan maupun kelahiran barangkali memang tidak akan serta merta mengubah pola, gaya hidup dan kebiasaan yang sudah bertahun-tahun dilakukan. Oke, ini berhubungan dengan salah satu kekuranganku yang paling nggak aku suka: nggak bisa masak.

Dari dulu sampai sekarang. Dari kecil sampai udah jadi emak-emak gini akutuh nggak pernah terbiasa masak. Dikasih resep sederhana banyak lupanya. Mau nyoba banyak malesnya. Ternyata ini berpengaruh banget ketika baby H sudah selesai ASI ekslusif dan sudah harus mulai MPASI. Aku akan cerita pengalamanku memberikan MPASI untuk baby H dari dia usia 6 sampai 9 bulan.

Aku tu khawatir banget sama MPASI yang akan aku kasih ke baby H. Seperti emak-emak baru pada umumnya, pasti bakal cari informasi kesana kemari tentang gimana sih cara agar MPASI yang diberikan ke baby tuh bisa sesuai, dari segi kalori maupun tekstur?

Alhasil aku berselancar dan bertemu dengan ig nya dokmet @metahanindita (buibu pasti udah paham lah ya). Hampir setiap hari aku baca highlight nya soal MPASI, ku screenshot, kusimpan di smartphone dan kubuka-buka lagi supaya nggak lupa. Setiap yang aku temuin langsung aku diskusikan sama paksu. Hampir tiap hari kepikiran kombinasi menu. Ya, sekhawatir itu aku.

Bulan ke 6
Menjelang usianya yang ke 6 bulan (cuma kurang beberapa hari lagi deh pokoknya), baby H mulai aku kenalkan dengan alat-alat makan. Cuma mangkuk sama sendok sih. Pokoknya supaya dia tau bahwa alat-alat itu nantinya dipakai untuk memasukkan makanan ke dalam mulut. Terus aku juga bikin jadwal makan harian untuk baby H. Kapan dia harus dbf, kapan dia harus snack time, kapan harus makan berat.

Kubikinin juga rules ketika dia makan. Misalnya setiap makan harus duduk, no TV/Smartphone dan maksimal waktu makan adalah 30 menit, jika lebih dari 30 menit dan belum habis maka sudahi sesi makan. Aku tau beberapa aturan kadang dibuat untuk  dilanggar, termasuk mungkin aturan yang aku buat sendiri. Apalagi baby H dimomong oleh orang lain selain aku dan paksu (nasib working mom T.T).

Sampai tibalah hari pertama baby H MPASI. Supaya nggak kaget, aku kasih dia sari buah dulu. Pertama buah naga. Dari hari pertama MPASI emang anakku kayaknya kurang suka dengan sesuatu yang baru, plus mudah bosan (ya ampun niru siapa kamu nak..). Jadi, supaya baby H mau buka mulut dan memasukkan makanan itu bener-bener perlu waktu yang cukup lama. Padahal kalo udah di dalam mulut ya ditelen sama dia. Ditambah lagi, dia baru belajar duduk dan belum terlalu tegak, alhasil tetep harus digendong.

Sejak bulan ke 6, menu MPASI baby H kuusahakan selalu menu lengkap. Alias ada karbo, prohe (wajib), prona, dan lemak. Hampir setiap hari makan makanan home made, dan sebelum berangkat kerja aku dan paksu pasti sibuk untuk menyaring makanan pake saringan kawat. Pertamanya nggak diblender, pegel banget dan nggak selesai-selesai (terutama jagung, baby H suka banget). Lama kelamaan diblender juga dan, yah, kenapa ga dari kemaren-kemaren memunah (emosi).

Bulan ke 7
Menurut IG dokmet, bubur terfortifikasi atau yang biasa disebut bubur MPASI instan itu bukan sesuatu yang harus dihindari kok. Begitupun dengan aku. Aku bukan penganut paham semua harus homemade. Jadinya ya untuk variasi makanan, aku juga menyediakan MPASI instan di rumah.

Baby H udah mulai mau makan sambil duduk. Tetap diakhiri jika lebih dari 30 menit belum habis. Ini udah masuk fase lumayan nyaman buat baby dan emak bapaknya. Alias kalo disuapin udah mulai mau habis banyak. Sayangnya, tidak diimbangi dengan ASIP yang diminumnya. Jadi, tiap aku kerja, dia suka ngga mau ASIP yang udah aku siapin di kulkas. Akhirnya kadang kalo aku sampe rumah ya masih sisa banyak dan mau nggak mau harus dibuang. Drama ASIP ini masih berlanjut sampai sekarang.


Bulan ke 8
Di bulan ke 8 ini ternyata BB baby H cuma naik 200gr dari bulan sebelumnya. Kalau dibandingkan dengan panjang badannya, ternyata udah sampai di garis merah. Supaya normal, paling enggak baby H kudu naik 1.5 kg di bulan depannya. Nah, PR banget dong ini buat emak dan bapaknya. Akhirnya, dengan segala pertimbangan, diputuskanlah untuk menambahkan kuantitas lemak dan juga nambah sufor di MPASI nya.

Alhamdulillah makannya jadi lahap banget walaupun masih tekstur lembut. Kebetulan di usia 8 bulan ini baby H belum tumgi, jadi aku belum kasih dia untuk naik tekstur. Di bulan ini MPASI bener-bener aman. Mau duduk di kursi, no TV, dan belum sampai 30 menit pasti udah habis. Plus tiada masalah juga di bagian BAB. Mamak tenang deh pokoknya.

Bulan ke 9
Pas imunisasi campak di bulan ke 9, ternyata BB baby H naik 900 gram dong. Syukur Alhamdulillah seneng banget rasanya. Usaha yang sedemikian rupa akhirnya membuahkan hasil. Pelan tapi pasti baby H ngejar ketinggalan BBnya dan sekarang udah hampir di garis hijau. 

Beberapa hari setelah masuk di 9 bulan, pas aku lagi nyuapin kok kerasa ada yang nyangkut di sendok. Eh ternyata, baby H tumbuh gigi. Happy banget mamak. Akhirnya rencana untuk naik tekstur makin mantep. Setelah beberapa hari tau kalau tumbuh gigi, akhirnya coba deh pakai MPASI instan untuk 8 bulan ke atas.

Jeng jeeng..
Masuk sih, tapi disuapan ke empat hoeks dong saudara-saudara. Akhirnya kembali lagi turun tekstur dan dia makan lagi dengan lahap.

Nah, suatu hari dia kudu ikut emak bapaknya ke Magelang karena ada urusan yang tidak bisa diwakilkan. Ketika itu aku bawain dia MPASI instan yang biasa dia makan supaya nggak ribet. Ternyata dia cuma mau sedikit doang. Mulai sejak itu, dia memulai gerakan mingkem kalau disuapin.

Sehari, dua hari... kupikir bosen kali ya dia lagi nggak kepengen makan aja. Eh kok keterusan, tiap makan nggak mau buka mulut. Udah gitu sekarang nggak mau lah dia duduk di kursi makan biasanya. Tiap didudukin dia meloror-melorot nolak gitu. Wah, sudahlah ini mah rules yang dibuat di awal untuk sementara disuwek dulu. 

Akhirnya aku puter otak apa yang perlu aku kasih buat dia supaya dia mau. Mungkin dia butuh variasi makanan yang lain. Yaudah tuh, akhirnya aku mencoba untuk masakin dia makaroni telur. Waktu itu aku suapin pakai tangan. Eh, mau dong dia. Walaupun sambil mbrangkang kesana kemari dan lebih dari 30 menit, akhirnya habis. Aku mulai menaruh harapan padanya. Kupikir, wah udah sembuh ni mingkemnya.

Nyatanya belum pemirsa.....
Sampai hari ini dia udah 10 bulan, untuk urusan makan masih jadi PR besar banget buatku sama paksu. Aku juga nggak tau kenapa selalu aja ada alasan kalau mau masakin baby H makanan. Waktu itu aku pernah nyoba niru resep snack MPASI, eh gagal. Tidak edibel untuk bayi tapi yang ngabisin malah bapaknya.

Pagi ini ada secercah harapan muncul lagi dari ba-mer (bapak mertua ya bukan bawang merah). Beliau ngirimin aku WA ketika aku lagi hectic ngerjain raport digital yang deadlinenya hari ini.

"H udah maem. Habis banyak. Bubur ro sayur. Sekarang bobok. Setelah makan, mandi, ngantuk"
Sampe sekarang masih nyesek sih kenapa aku nggak sesemangat itu kalau urusan masak. Kalau aku lebih kreatif lagi di dapur, mungkin ceritanya akan beda.


Mengasuh bayi nyatanya memang nggak semudah itu. Tidak ada istilah "nanti kalo udah gede pasti lebih gampang" karena seiring bertambahnya usia, problemnya ya bakal beda lagi. Kalo dulu masih ASI eksklusif barangkali masalahnya A, nanti kalo udah MPASI masalahnya jadi B. Kalau udah preschool bakal beda lagi, dan seterusnya.

Bulan ini aku mau review BB nya H dan melihat perubahan apakah yang akan terjadi. Setelah tau hasilnya, pasti akan kudiskusikan dengan paksu tentang langkah seperti apa yang akan kami ambil.

Doain baby H supaya sehat terus ya om dan tante onlen yang baik hatinya....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: