29 November 2013

Movember : Solo

Pada Movember bagian Solo ini, ada dua cerita yang akan gue gabung. Dua kisah berbeda soal Solo.

CERITA PERTAMA :

Sabtu, 16 November 2013

Gue ke Solo dalam rangka tugas negara dari ibu yang meminta gue menjadi perwakilan keluarga Bogor dalam penyambutan tante gue yang baru pulang dari naik haji. Kali ini gue kudu dateng soalnya pas nganter waktu itu gue nggak sempet dateng. Alhamdulillah kali ini dikasih jalan dan kesempatan.

Pagi itu gue habis ngisi acara di GOR UNY, buat Technofest. Tapi sorenya gue udah harus cabut dari Jogja. Alhamdulillah lagi ada Farid yang selalu sedia setiap saat kayak rexona untuk mengantarkan gue ke Stasiun. Walaupun diserbu hujan yang lumayan deres, harus nunggu loket buka selama satu jam lebih,  diserang kelaparan, basah, lengket, pegel, tapi itu semua menyenangkan. Semenyenangkan ketika gue mengingat salah satu alasan kenapa gue harus balik ke Jogja :)

Perjalanan ke Solo kali itu adalah perjalanan pertama gue tanpa kedua orang tua gue, atau siapapun. Naik kereta sendirian, gue Cuma dibekali pesan untuk jaga diri, dan di stasiun mana gue harus turun. Satu jam berlalu cepat. Walaupun seat yang harusnya gue dudukin udah ditempatin ibu-ibu dan gue nggak tega buat mintanya, sehingga gue harus berdiri, entah kenapa perjalanan ini terasa begitu cepat.

Sampai di Stasiun Purwosari gue dijemput mas sepupu gue yang tinggal sama tante gue. Berbanding terbalik dengan cuaca di Jogja yang sendu-sendu basah gitu, Solo malam minggu itu terang benderang. Gue bisa lihat bulan purnama yang bunder sak-pol-e, dan memingin-mingini Farid di Jogja. Cuma, Solo itu nggak seenak Jogja. Udah, gitu aja komentarnya :3

Dua hari gue dirumah tante gue. Jenguk adek sepupu gue yang ternyata udah jago banget ngomongnya. Gue takjub. Baru 40 harian nggak ketemu dan dia sudah menunjukkan progres yang luar biasa. Dia baru 1 tahun 5 bulan tapi udah pinter menghafal dan meniru sampai tiga suku kata. Nggak kebayang gedenya jadi kayak gimana…

Di Solo gue dijejelin coklat terus. Ada coklat yang bentuknya kayak krikil di akuarium gitu. Awalnya sangsi pas ditawarin tante gue, tapi ternyata itu adalah cemilan yang cukup membuat gue nambah. Sekali.. Dua kali.. Berkali-kali..

Senin pagi gue pulang lagi ke Jogja naik Bus. Kali ini gue mengejar waktu kuliah jam 7.00, dan gue baru dapet bis jam setengah 6 lewat beberapa belas menit. Dan yang paling mengejutkan adalah ketika Farid bilang Merapi meletus lagi :O Terus gue coba crosscheck via twitter daaaaaan bener broh… Ternyata erupsi lagi. Gambar yang diambil dari daerah utara rada serem juga. Tapi sayangnya dari tempat gue naik bis, mendung, jadinya nggak bisa lihat Merapi.

07.30
Gue turun di Janti, sambil nunggu Farid yang balik lagi ke Gondokusuman karena lupa bawa  helm buat gue :3 Kemudian kuliah. Asiknya kuliah di Lantai 3 adalah bisa lihat Merapi yang semakin siang semakin kelihatan gagahnya :D

***

CERITA KEDUA :

Rabu, 20 November 2013

Ini cerita yang lain. Tapi ini adalah awal dari perjalanan super panjang yang melelahkan sekaligus menyenangkan yang akan gue ceritakan. Sebuah perjalanan yang sebenernya nggak perlu, tapi dibikin jadi perlu sama sebagian orang.

"Kadang kita perlu mundur selangkah untuk maju dua langkah"

Jadi, kita akan sedikit ke timur untuk melangkah jauh ke barat sana. Gue sama lima orang temen sekelas gue punya hajat lumayan gede, yaitu jadi peserta Startup Asia 2013 Jakarta Hackathon yang diselenggarakan di Plaza Bapindo, Mandiri Tower, Kebayoran Baru, Jakarta. Apa sih Hackathon itu? Nanti akan gue ceritain di movember edisi Jakarta. Hehe.

16.50
Gue sampai di Lempuyangan setelah mampir ke banyak tempat. Yang ATM lah, yang Indomaret lah, yang Popeye lah. Cuma buat beli logistik buat di perjalanan. Yah, as usual, gue nggak bisa kalau perjalanan jauh dengan perut kosong. Jadi, gue menyediakan minimal makanan pengganjal kalau sewaktu-waktu gue laper di tengah jalan.

Ternyata gue dateng paling terakhir sementara yang lain udah pada nunggu. Ada Guruh, Hanan, Wahyu, Jo dan partner cewek satu-satunya, Rifa. Suasana Lempuyangan sore itu lumayan crowded. Sebelum-sebelumnya, gue belum ngeh banget perjalanan seperti apa yang diinginkan oleh tour leader kita (Guruh). Yang gue tau, sebelum ke Jakarta, kita bakal ke Solo dulu. Gue sih nurut aja, gue mempercayakan perjalanan ini pada cowok-cowok yang gue anggap sudah berpengalaman karena tahun kemaren mereka juga udah ikutan acara kayak gini meskipun bukan di Jakarta. Paling enggak, mereka nggak se newbie gue :3

Setelah memastikan semua anggota lengkap, kita masuk ke stasiun. Dari UNY, yang ikut Hackathon nggak Cuma kita berlima. Tapi masih ada puluhan yang lain, yang terdiri mulai dari temen seangkatan, kakak tingkat, sampai adik tingkat tahun 2012. Sayangnya, meskipun tujuan kita sama, kita melaluinya dengan jalan yang berbeda.  Mereka naik kereta Gaya Baru Malam dan kemungkinan sampai di Jakarta pagi buta keesokan harinya.

Sambil nunggu kereta Sriwedari yang bakal membawa kita ke Solo, gue main UNO sama Rifa, Hanan, dan Jo. Setelah selesai beberapa putaran, kereta datang dan kita siap-siap naik.

itu jejernya Rifa nggak tau siapa :3

"Peh, pokokmen aku ro kowe yo…"" - Rifa

Iya, kita Cuma cewek berdua. Dan kudu saling bahu membahu :3 #sosweeet

Naik ke Sriwedari, penuh, sama kayak pas gue ke Solo di cerita sebelumnya. Tapi kali ini gue nggak berdiri. Gue, Rifa sama Wahyu duduk, sementara Guruh, Hanan sama Jo berdiri. Buat ngisi perjalanan, gue ngobrol sama Rifa, tapi entah kenapa perjalanan ke Solo kali ini begitu lambat kerasanya. Sebenernya ada yang gue khawatirkan, sampai-sampai Rifa ngomong apa, gue menanggapi sekenanya aja. Duh, maaf ya Rip~ Tapi, selo banget kalau di perjalanan bareng sama temen-temen kayak gini terus guenya galau. Gue harus bisa bikin perjalanan ini semenyenangkan mungkin.

19.00
Sampai di Stasiun Balapan Solo.
Gue pikir bakal yang break dulu gitu, istirahat, makan, sholat. Tapi ternyata enggak.. Patut diketahui, ternyata kereta yang akan membawa kita ke Jakarta itu bakal kita naikin di Stasiun Jebres, jam 22.30. Haha :3 Jadilah, kita ke Stasiun Jebres dulu. Tapi kali ini, kita mengandalkan semuanya pada KAKI dan GPS. Hahahahahaha *ketawa setan*

Awalnya gue yang.. "Eh ternyata beneran ini jalan kaki?", kemudian yang nggak yakin gitu. Tapi masa iya gue minta gendong. Siapa juga yang mau gendong? Berbekal pengalaman gue yang sering jalan-jalan lumayan jauh, ditambah pernah ndaki gunung pakai tas yang sama, gue jalan aja… Toh gue nggak sendirian. Mereka semua menghibur gue selama di jalan. Oke, lebih tepatnya saling menghibur.

Gue bawa dua tas. Satu yang ransel, satu tas jinjing. Tapi tas jinjing gue bentuknya lebih mirip sama keranjang ayam. Jadilah gue diledekin,

"Peh, kowe ngopo nggowo pitik?" - Jo
("Peh, kamu ngapain bawa ayam?")

Sial --,

Ada lagi ledekan kayak gini,

"Ipeh koyo TKW sing dideportasi.." - Wahyu, waktu gue jalan sambil manggul tas jinjing di pundak.
("Ipeh kayak TKW yang dideportasi")

Atau, ketika gue jalan jejer sama Hanan, ngelewatin sebuah tempat tambal ban, dan dia nyeletuk,

"Peh, tambal ban aja namanya langgeng lho.." - Hanan

Minta dikepruk semuanya :|

Jalanan Solo malam itu cukup rame. Cuma sayangnya trotoarnya dikit. Gue merasa itu adalah sebuah permasalahan ketika gue sendiri yang membutuhkan, tapi ternyata malah nggak tersedia. Sampai jalannya harus mepet mepet pinggir dan beberapa kali diklakson mobil di deket lampu merah. Tapi itu asik… Yang nggak asik Cuma karena gue bawa tasnya berat bingit *nangis* *elus-elus pundak*

Kenapa ada kepalanya Rifa? :O

Satu jam berlalu dan Stasiun Jebres udah kelihatan.
Hoooooh~ Break dulu di Pom Bensin, sholat sama ngelurusin kaki. Kalau saja yang biasa memijat kakiku ada disitu :3

Bawaan gue. Beneran kayak keranjang ayam ya emangnya? :(

Setelah break sebentar, jalan lagi sedikit, terus ketemu sama tempat makan lesehan gitu. Sambil nunggu yang cowok-cowok pada sholat, gue jajan dooong. Beli teh anget sama bakmi goreng buat dimakan sambil nunggu kereta di Stasiun nanti.

20.30
Pas sampai di Jebres, gue takjub karena bentuknya nggak kayak stasiun. Kecil gitu. Tapi model bangunannya klasik, kayak lorong mau kemanaaa gitu. Setelah cek KTM sama tiket, kita masuk dan menemukan bahwa stasiun itu bener-bener sepi~ Sepi banget dah pokoknya. Cuma ada kita sama beberapa petugas stasiun.

Hal pertama yang gue lakukan adalah menghabiskan bekal yang gue persiapkan untuk makan malam, ditambah sebungkus bakmi goreng dan teh anget. Tapi karena bakmi + nasi udah bikin gue super kenyang, ayam gorengnya berakhir di perut Rifa dan tempat sampah :( Habisnya mau gue hibahkan biar nggak mubazir, eh nggak ada yang mau jal…

Apa yang bisa kita lakukan selama menunggu sampai kereta datang?
Yak, Hanan membawa kabar baik. Ternyata di Jebres disediakan Free Charger dan Free Wifi. Berbahagialah gue yang merupakan fakir wifi ini :3 Terus main UNO lagi, dan gue memanfaatkan kesempatan terakhir untuk selonjoran dengan guling guling di lantai stasiun. Absurd sih, tapi mumpung sepi. Hehe.

Semuanya freeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee :3

Hanya ditemani UNOnya saja yang terus ada di dalem tas

22.00
Bosen main UNO, ngecharge udah selesai, kemudian kita balik ke tempat duduk dan nunggu kereta dateng sambil ngisengin orang, berisik dan main plesetan. Suasana stasiun udah berubah jadi rame. Dan gue baru tau kalau ramenya ya pas deket-deket kereta mau dateng aja. Nggak semua kereta berhenti di stasiun ini. Cuma ada dua, yang satu Matarmaja yang bakal gue naikin, yang satunya lagi lupa. Bener-bener pengen membunuh waktu dan sebenernya gue malah pengen skip langsung sampai di Jakarta.

22.50
Kereta dateng.  Sebuah pengakuan, ini adalah pengalaman pertama gue naik kereta ekonomi dalam sebuah perjalanan jauh. Dan begitu gue masuk, gue cukup takjub dengan pemandangan yang gue lihat. Oke, silakan ledek gue, silakan bilang gue apapun, tapi itu bener-bener membuat gue berkata "Oh my God..". Lihat orang berserakan gitu, ada yang di pembatas gerbong lagi tidur. Ada yang di bawah kursi, tidur juga. Ah, pokoknya segala bentuk deh. Tapi gue mencoba kalem, mencoba stay cool dan mencoba biasa aja. Ini hal yang biasa. Cuma gue yang menganggap nggak biasa karena gue belum terbiasa :)

Sampai di tempat duduk, kita mulai atur formasi. Sayangnya, tempat duduk kita nggak pas di kursi yang berenam. Tapi berempat dan sisanya berdua. Gue sama Rifa pengen di deket jendela, jadilah formasinya : Gue sebelahan sama Hanan, membelakangi arah jalannya kereta. Rifa sama Jo dan Wahyu sama Guruh. Tapi yaa, walaupun itu kereta ekonomi, overall gue merasa cukup nyaman karena nggak sumuk *iyalah ada Acnya*.

Sepanjang jalan, biasaa, kalau nggak makan ya ngobrol, ya ledek-ledekan, ya tidur. Sepertinya gue adalah salah satu yang kebo banget karena tidurnya paling lama. Lewat dari jam 24.00 gue udah nggak sadar, bangun-bangun jam 4.00 terus tidur lagi.

05.00
Subuh. Gue diajak wudhu sama Rifa. Kamar mandi kereta ekonomi itu ada di ujung-ujung gerbong. Pas gue mau masuk kamar mandi buat wudhu, ternyata keretanya berhenti… Bagian paling serunya adalah ketika gue ngeh keretanya berhenti di pinggir laut. Wahaaaaa~ Sayangnya, Cuma bisa kerekam dengan bagus di ingatan gue. Kamera handphone Cuma bisa menangkap segini doang :O

Alhasil gue cengengesan sendiri. Nggak tau yah, gue kalau lihat sesuatu yang bagus gitu emang suka mbayangin yang indah indah njuk cengengesan sendiri. Semisal gue ngelihat gambar menara eifel gitu, terus gue jadi bayangin suatu hari gue ada disana sama seseorang gitu kan terus jalan-jalan menikmati indahnya sore sambil bergandengan tangan memberi makan burung yang berikcauan sambil menghabiskan waktu *halah, kepanjangan*. Ya, semacam itu lah. Gue harus kembali fokus bahwa gue mau wudhu buat sholat, bukan mau memandangi laut.

Ternyata laut itulah alasan kenapa Guruh ngajak susah susah lewat Solo dulu buat berangkat ke Jakarta. Biar kita punya cerita yang beda dari yang lain. Biar kita bisa ngerasain pengalaman yang beda dari yang pernah kita alamin. Oke, nice job, Bur :)

Gue juga bisa lihat sunrise dari tempat gue duduk. Beberapa gunung menjulang yang entah gue nggak tau namanya apa, seakan menyembulkan rona kemerahan di ufuk timur. Gue menikmati aja, sambil melaksanakan tugas negara untuk memastikan bahwa seseorang di ujung sana sudah bangun dan tidak terlambat untuk kuliah :)

Apa yang gue lihat dan apa yang berhasil gue abadikan dari tempat gue duduk

Tapi kok ya semakin siang gue semakin bosen ya di kereta -________________-

Akhirnya kita mengobati kebosanan dengan…. Foto-foto. Ah, foto-foto sebentar juga udah bosen. Yaudah ganti, makaaaann. Ah, makan kebanyakan entar perutnya minta dikosongin. Yaudah ganti, tiduuuuur… Yah, yah yah… Zzzzz~ *kemudian tidur*.

Ada apa setelah tidur? Simak chapter Movember selanjutnya ;)