1 Februari 2024

Bracket

Di tahun 2023 kemarin aku mengambil sebuah keputusan yang cukup besar dalam hidupku. Sesuatu yang udah kurencanain dari lama, tapi maju mundur maju mundur terus karena satu dan lain hal.

Sampai di bulan Agustus, akhirnya rencana itu jadi kenyataan.

Aku pasang behel. Wkwk.

Nggak sedikit orang-orang disekelilingku yang bertanya, "Giginya kan udah rapi, kok behelan?". Dan nggak hanya sekali aku menjelaskan ke mereka kalau aku memang butuh karena aku ada problem sama salah satu gigiku. Sebenernya salah satu alasanku maju mundur pas mau pasang behel ini juga karena aku merasa 'sayang'. 

Secara umum, sejak kecil kondisi gigiku baik, nggak ada yang berantakan sampai si behel ini menjadi situasi yang darurat. Justru gigiku sebenernya malah berlebih karena ada satu gigi gingsul yang tumbuhnya di bagian dalam gigi yang udah ada. Si gigi gingsul ini tumbuh di dalam karena ada gigi susuku yang nggak lepas dari aku kecil, jadi gigi tetapku nggak punya tempat tumbuh dan dia tumbuhnya di belakang gigi susuku itu. Sebagai catatan, gigi gingsulku itu gigi taring.

Semua berjalan normal walaupun aku jadi sering sariawan karena gigi gingsulku itu posisinya persis di pinggir lidah. Kalau lagi kecapekan atau panas dalam, gesekan gigi sama lidah itu langsung bikin jadi sariawan. Kadang kalau pas lagi perih-perihnya tu gigi gingsul ini rasanya pengen kucabut aja. Waktu berjalan terus sampai waktu aku hamil, gigi susuku yang gak copot-copot itu berlubang. FYI, ibu hamil itu kalsiumnya bakal banyak diambil sama bayik, tulang dan gigi akan jadi sasaran empuk, jadinya butuh banget suplemen kalsium tambahan. Waktu itu ku diemin aja sih karena kalau ibu hamil kan gaboleh cabut gigi juga ya. Sampai akhirnya gigiku itu patah waktu anakku udah lahir. Di situlah aku mulai aware sama gigiku bakal seperti apa selanjutnya, hingga rencana behel gigi muncul, karena....

Karena kalau aku senyum jadi keliatan ompong. 

Ga pede banget lah pokoknya. Terus aku inget si gigi gingsul ini posisinya ada di belakang gigi yang ompong. Tapi dia ga bakalan maju gitu aja kan untuk ngisi gigi yang patah tadi, harus ditarik keluar. Dan gabisa gitu aja karena sisa akar giginya juga perlu diambil.

Aku ngobrol dong sama baba baiknya gimana. Dia setuju kalau aku mau behel. Nggak cuma biar giginya dirawat, tapi juga biar nggak sering sariawan lagi lidahnya. Pas udah mantep banget untuk ke dokter gigi, pas banget baru dapat rejeki. Jadi bener-bener uangku tuh pas-pasan. Pas butuh, pas ada.

Aku caritau dulu tuh kalau pasang behel rasanya bakal kayak gimana, waktunya se-lama apa, nanti bakal masih bisa makan atau enggak, sakitnya seberapa. Pas udah mantep banget, baru deh ke dokter gigi untuk pasang. Awal pasang di bulan Agustus itu nggak langsung di gigi atas dan bawah. Gigi atas dulu. Pas proses pemasangannya itu nggak sakit sama sekali dan juga nggak begitu lama. 30 menitan aja.

Kesan 30 menit pertama setelah pakai behel adalaaah, ya aneh aja karena nggak terbiasa ada benda nempel di gigi, dan itu banyaaaak. Besok paginya, baru deh gigi ngilu semua. Kesenggol aja sakit, terutama yang bagian atas. Makanan yang bisa dimakan cuma bubur. Masih belum kebayang kalau gigi bawahnya juga udah dipasangin behel bakal serepot apa dalam urusan makanan.

Behel di gigi yang bawah dipasang sekitar dua minggu setelahnya. Gigiku yang udah mulai beradaptasi harus ngerasain ngilu lagi. Paham ga sih rasanya laper, pengen makan, tapi gabisa karena giginya sakit. Hal tersedih dalam hidupku.

Selain naruh kawat di gigi, proses behel gigiku juga nggak lepas dari cabut gigi. Sampai hari ini, 5 bulan setelah aku pasang behel, udah 5 gigi yang dicabut dan masih sisa satu yang harus dicabut lagi. Cabut gigi juga ada beberapa cerita yang berakhir nangis-nangis saking sakitnya. Aku juga nyabut salah satu gigi bungsu karena berlubang gede. 

Setelah ngomongin bagian nggak enaknya, sekarang aku mau update progressnya aja. Alhamdulillah gigi gingsulku sekarang posisinya udah rata sama gigi yang lain. Sisanya tinggal nyabut satu gigi bawah dan nanti ngerapetin lagi supaya nggak pada renggang. Di awal, dokter gigiku udah bilang kalau kemungkinan besar profil wajahku berubah karena rahangku juga berubah. Sekarang udah terasa nih, bagian pipi terasa lebih tirus. Buat sebagian orang mungkin ini keinginan mereka, tapi buatku ini terlalu tirus karena aku dasarnya udah kurus. Sebelum dibehel, aku hati-hati banget kalau ketawa dan gak pernah pede untuk dilihat dari arah kiri. Lidahku juga udah nggak pernah sariawan lagi.

Kalau ditanya, worth it nggak sih?

Sejauh ini sih worth it gaes! Tapi masih harus bersabar karena perjalanan masih panjang. Nanti akan kuupdate lagi progress behelnya di beberapa bulan ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: