11 Mei 2020

Perpanjang SIM saat Covid-19

Jadi, peristiwanya sudah sebulan yang lalu, tepatnya tanggal 20 April kemarin. Udah rencana mau sharing pengalaman soal ini, tapi baru kesampaian sekarang karena salah satu temen jaman kuliah bikin status di WA nya soal informasi perpanjangan SIM saat corona dan maraknya social distancing seperti ini.



Sekedar informasi, ini adalah pengalaman pribadiku perpanjang SIM di Polres Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta saat pemberlakuan social distancing di masa pandemi Covid-19. Untuk polres atau SIM corner lainnya alurnya mungkin sama, hanya beberapa teknis bisa saja berbeda.

Informasi dari IG @satlantas_sleman seperti ini:






Menanggapi kebijakan #socialdistancing dan #physicaldistancing dalam rangka pencegahan pandemi Covid-19. .. Sesuai dengan arahan Kapolri melalui Kakorlantas maka @satlantas_sleman mengambil kebijakan dispensasi bagi perpanjangan SIM dengan ketentuan : - Habis masa berlaku SIM dari tanggal 17 Maret - 29 Mei 2020 dapat melaksanakan perpanjangan SIM setelah tanggal 29 Mei 2020 (tetap proses perpanjangan) - Khusus Orang Dalam Pengawasan (ODP) atau Suspect Covid-19 dapat melaksanakan perpanjangan setelah dinyatakan sehat dengan membawa surat keterangan sehat dari Rumah Sakit. .. Syarat perpanjang SIM : - SIM dan KTP di fotocopy rangkap 2 - Surat keterangan sehat dari dokter yang ditunjuk oleh Polri. .. #dirumahaja #socialdistancing #physicaldistancing #bersamalawancovid19 @poldajogja @rtmcditlantasdiy @polresleman @kabarsleman @humasjogja @infojogjaupdate @merapi_news @starjogjafm @ikkj_diy @diesbanyumas17 @samsatsleman @tmc_satlantas_gunungkidul @satlantas_polreskulonprogo @satlantas_bantul @satlantasjogja
A post shared by Satlantas Polres Sleman (@satlantas_sleman) on


Jadi, bagi yang masa berlaku SIM nya habis pada saat social distancing seperti saat ini masih diberi dispensasi perpanjangan sampai tanggal 29 Mei 2020. Akan tetapi, pihak satlantas Polres Sleman tetap melakukan pelayanan setiap hari kerja, tentunya dengan pembatasan-pembatasan sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19. Ketentuan lebih lengkapnya bisa dibaca sendiri ya di akun IG nya.

Nah, berhubung tempat tinggalku deket dengan Polres Sleman, dan sebelum WFH berakhir (which is susah banget nyari waktu longgar), jadi aku memutuskan untuk perpanjang SIM 4 hari menjelang masa berlaku SIM ku habis.

***

Aku nggak tau kalau di polres/SIM corner yang lain gimana sistemnya. Tapi kalau di Polres Sleman tu udah pasti nggak bisa selesai sehari. Minimal 2 hari lah. Kenapa begitu? Baca dulu sampai selesai.

Hari pertama aku cari surat keterangan sehat dulu. Untuk Polres Sleman, surat keterangan sehat bisa didapat dengan periksa di praktik dokter depan polres. Aku kurang tau bisa di tempat lain atau enggak. Datanglah sepagi yang kamu bisa, terus ambil nomor antrian (karena ada kuotanya juga, tapi aku lupa berapa jumlahnya). Nanti mulai dipanggil jam 8 kurang lebih. Oiya, ngantrinya tetap dengan protokol pencegahan covid ya. Nggak boleh bergerombol. Syaratnya cukup fotokopi KTP-el, fotokopi SIM yg masih berlaku dan masa berlaku SIM maksimal tinggal 14 hari lagi (kalau masih lebih dari 14 hari, petugasnya nggak mau nerima dan disuruh pulang lagi).

Petugas yang meriksa juga pakai protokol pencegahan Covid. Mereka pakai APD lengkap. Dites suhu badan dan ditanya apakah sakit dan habis bepergian. Tes penglihatan, buta warna dan lain lain. Dapet surat dokter, bayar Rp. 25.000 terus pulang. Kenapa? Karena eh karena....

Untuk perpanjangan SIM di kondisi seperti ini, dalam sehari kuotanya dibatasi hanya 50 antrian agar tidak terjadi keramaian dan penumpukan orang. Di Polres Sleman, cara dapet antriannya kayak gini: kamu datang sebelum jam 6, numpuk surat dokter dan syarat-syarat di tempat yg tersedia, pulang dulu atau terserah kemana yang penting nggak ngumpul, terus nanti balik lagi nanti jam 8 pas polres buka. Karena rumahku deket, ya aku pulang dulu laah.

Setelah balik lagi jam 8, petugas akan memilih 50 antrian yang lebih dulu menumpuk persyaratan. Yang nggak dapet antrian pada hari itu harus langsung pulang. Nggak boleh berkerumun. Petugasnya akan menyarankan untuk kembali lagi setelah tanggal 29 Mei 2020.

Waktu itu aku belum tau cara dapat antriannya. Dengan PD nya aku datang jam 8 dan tanya-tanya sama orang yang ada di situ, habis itu ya jelas harus langsung pulang lagi karena nggak kebagian kuota. Jadi aku kudu ke polres dua kali. Nah, silakan survei dulu atau tanya-tanya di polres yg mau kamu datangi karena mungkin akan beda. Info dari temenku yg tanya ini, di Polres Bantul bahkan bisa kudu ambil antrian dari subuh. Wooooow~

Kalau sudah dapet antrian, yaudah berjalan seperti biasa. Pertama, bayar perpanjangan di Bank BRI yang ada di situ, Rp 75.000. Terus ambil formulir, isi formulir (bawa pulpen sendiri ya gaes. Di sana ada sih tapi kan dipake rame-rame), serahkan formulir, nunggu dipanggil buat foto, dan terakhir nunggu SIM yang sudah diperpanjang masa berlakunya selesai. Oiya, harus selalu pake masker (kecuali pas difoto) dan duduk di tempat yang tidak bertanda silang.

Waktu perpanjangan SIM kurang lebih satu jam doang kalau udah dapet antrian. Dan aku baru tau juga kalau ternyata bentuk SIM yang baru udah nggak kayak yang dulu lagi. Tapi jujur, aku lebih suka yang dulu. Wkwk.

Nah, nggak ribet kan? Gitu doang.
Kuncinya tinggal tau 'teknis' dari masing-masing tempat aja biar kebagian antrian.

Oiya, ada informasi tambahan juga dari IG @satlantas_sleman, bahwa pembuatan SIM dan perpanjangan SIM juga bisa dilakukan secara online lho!

Dan ini informasi lainnya yang berkaitan dengan pelayanan:





Bhakti Pelayanan Masyarakat Anggota Regident @satlantas_sleman hari Sabtu, 02 Mei 2020 dalam rangka Registrasi dan Identifikasi dalam bidang pelayanan : - SIM di Satpas Polres Sleman. - STNK di Samsat Induk Sleman dan Samsat Pembantu Maguwoharjo. - BPKB di Samsat Induk Sleman - SIM Corner dan SAMSAT On Line di MPP Kabupaten Sleman. - SAMDES (Samsat Desa) di Margorejo Tempel dan Pakem. - SAMSAT DRIVE THRUU di Samsat Induk Sleman. .. Jam pelayanan dalam rangka Social Distancing : - SIM di Satpas Polres Sleman : Senin - Sabtu pukul 08.00 - 10.00 wib - STNK di Samsat Induk Sleman dan Samsat Pembantu Maguwoharjo : Senin - Kamis pukul 08.00 - 12.00 wib Jumat - Sabtu pukul 08.00 - 10.30 wib - BPKB di Samsat Induk Sleman : Senin - Kamis pukul 08.00 - 11.30 wib Jumat - Sabtu pukul 08.00 - 10.00 wib - SIM Corner di MPP Kab Sleman : Senin - Jumat pukul 08.00 - 10.00 wib - SAMSAT On Line di MPP Kab Sleman : Senin - Kamis pukul 08.00 - 11.30 wib Jumat pukul 08.00 - 10.30 wib - SAMDES Tempel dan Pakem : Senin - Kamis pukul 08.00 - 11.30 wib Jumat pukul 08.00 - 10.30 wib . .. STOP PELANGGARAN STOP KECELAKAAN Keselamatan Untuk Kemanusiaan Indonesia Tertib Tahun 2020 @poldajogja @rtmcditlantasdiy @polresleman @samsatsleman @kabarsleman @jasaraharja_yogyakarta #poldadiy #polantasindonesia #satlantassleman #polisiindonesia #satlantaspolressleman #roadsafety #trafficpolice #polressleman #polri #polisi #rtmc #sleman #infosleman #infojogja #jogjainfo #satpassleman #simcorner #samsatsleman #samdes #samsatpembantumaguwo #sLemanmenginspirasi
A post shared by Satlantas Polres Sleman (@satlantas_sleman) on

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

2 komentar:

Komentar dari: