30 Januari 2021

2020. Banyak yang serba pertama kali.

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

2020 sudah sampai pada ujungnya. Sudah pasti banyak hal yang telah dilewati selama 12 bulan ke belakang. Hari-harinya masih sama, yang membuat tahun ini begitu berbeda adalah karena adanya pandemi yang membuat seluruh dunia harus meninggalkan zona nyamannya.

Dan hingga kini, pandemi itu belum usai.

Januari diawali dengan berita munculnya virus baru yang membuat sebuah kota di China di-lockdown. Pada hari-hari itu, kehidupan gue masih seperti biasa. Normal. Menjadi guru, berangkat sekolah, ketemu anak-anak. Di rumah jadi ibu rumah tangga, momong anak, jadi partner suami, pergi jalan-jalan tanpa perlu khawatir.

Gue kira 2020 akan berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Di bulan Februari, anak gue berumur 1 tahun. Udah bisa jalan, dan udah mulai cerewet banget. Gue masih sekolah seperti biasa, walaupun berita soal kemunculan virus Covid-19 ini udah makin viral. Di pertengahan Februari ini juga nenek gue dari bokap terjadwal pergi umroh (sebelum umroh ditiadakan karena Covid). Sempet khawatir sih pas kepulangan beliau, karena sampai di rumah tuh beliau sempat sakit kurang lebih 2 mingguan. Batuk dan panas. Tante gue bilang kalau habis pulang haji atau umroh tu lumrah aja batuk. Alhamdulillah setelah itu nenek gue sehat lagi.

Bulan ini juga gue sama baba sempat ikut tes CPNS juga. Diawali dari berbagai pertimbangan, akhirnya kami daftar untuk formasi guru Informatika di SMP. Sempet ketemu sama Rifa dan Hanan yang adalah teman sekelas kami kuliah juga waktu mau ngumpulin berkas administrasi. Sempet riweh cari surat keterangan sehat juga sampai jauh-jauh ke RSJ Magelang dua hari. Sempet ikut tes SKD juga walaupun nggak lolos ke SKB. Seingetku, itu adalah terakhir kali berkerumun sama orang buanyaaaaak sebelum akhirnya sekarang jadi parno. 

baba mailof

Suasana persiapan tes SKD

Maret, kasus Covid pertama di Indonesia muncul. Dengan segudang lawakan ala negeri ini, akhirnya mulailah adanya istilah lockdown, physical distancing dan Work From Home (WFH). Pesta pernikahan udah mulai membatasi tamu, menyediakan tempat cuci tangan dan menjaga jarak dengan orang lain. Ini gue sempet ngalamin sendiri karena adek sepupu gue nikah. Tamu udah mulai dibatasi, orang dari luar kota nggak boleh masuk ke daerah itu. Waktu itu belum banyak sih yang pakai masker, tapi beberapa udah mulai. Di depan rumah udah ada tempelan tulisan untuk selalu cuci tangan tiap habis keluar rumah. Bulik gue tiap beli sayur, sebelum tu sayur masuk dapur udah dicuci dulu di depan rumah. Nggak cuma sayurnya, duit kembalian beli sayur juga nggak luput dicuci di depan rumah.

Hari-hari WFH gue manfaatkan untuk momong bayik. Karena tempat gue tinggal adalah pedesaan, jadi masih ada banyak tempat yang bisa dipakai untuk sekedar melepas bosan karena nggak bisa kemana-mana akibat lockdown. Kalau pagi, gue sama anak bayik jalan-jalan misalnya ke sawah, main air di sungai kecil di lingkungan desa. Kadang juga sambil berjemur dan pemanasan ringan. Rasanya jadi istimewa banget. Sesuatu yang orang kota nggak bisa nikmatin.

Main air dan sarapan pindah ke sawah

April, masih lanjut WFH dan anak sekolahpun juga mulai belajar daring. Something new. Belum pernah terjadi di era sebelumnya, pembelajaran full daring dengan menggunakan media dan teknologi informasi. Berhubung pandemi ini datangnya tiba-tiba, sekolah jadi kurang punya kesempatan untuk mempersiapkan proses pembelajaran yang berbeda banget ini. Akhirnya, baik gue selaku guru maupun siswa ya belajar sambil jalan. Hasilnya, ya se-hasil-hasilnya aja, yang penting ada hasilnya.

Desa-desa memperketat penjagaan bagi orang-orang yang akan keluar masuk. Ada yang cuma dipasang portal. Ada yang dihias pakai spanduk terus ditulisin pakai pilok merah. Ada yang penduduk aslinya harus pakai stiker khusus. Ada yang bikin disinfektan chamber gitu.

Disinfectanct chamber ceunah

Oiya, di bulan ini gue ulang tahun. Tapi sungguh sepertinya berjalan seperti hari-hari biasanya.

Akhir April Ramadan tiba. Banyak orang berharap Corona hilang saat Ramadan datang. Nyatanya ya tetep aja masih di situ. Akhirnya untuk kali pertama di hidup gue, gue menjalani Ramadan yang sungguh berbeda dari sebelumnya. Nggak ada buka bersama. Nggak ada shalat tarawih di masjid. Bahkan sholat Idul Fitri pun diminta untuk dilaksanakan di rumah masing-masing aja.

Mobilitas orang-orang mendadak turun drastis di libur lebaran tahun 2020. Gue yang termasuk kena dampaknya. Ibu Bapak gue dari Bogor nggak bisa dan nggak berani untuk mudik ke Jogja. Akhirnya cuma bisa video call dengan sinyal yang super lemot karena waktu lebaran itu gue mudik ke rumah mertua yang kekuatan sinyal providernya cukup ngeselin.

Pas udah balik ke tempat yang sinyalnya kenceng, gue dan bulik gue menginisiasi pelaksanaan Trah Keluarga secara online. Ini juga pertama kalinya. Setelah pada lebaran tahun kemarin pelaksanaan trah direncanakan di rumah om gue, ternyata karena ada pandemi ini semuanya jadi harus dicancel. Gue seneng banget ternyata keluarga gue sungguh antusias dengan trah online ini.

Di tahun 2020 juga gue ngurusin pembuatan akte anak bayik yang totalnya ternyata butuh waktu hampir 2 bulan lamanya. Karena semua sistem dibuat semi online, orang-orang banyak yang belum paham, informasi yang kurang bisa diakses, yah pokoknya beneran karena hal yang baru jadinya bikin semua harus belajar membiasakan diri dulu dengan pengaturan kerja yang baru.

Pas aktenya udah jadi, ternyata ada yang keliru pula. Yang tertulis di akte cuma nama gue aja sebagai ibu si anak bayik, sedangkan nama bapaknya nggak ada. Tungguu, kalau nggak ada nama bapaknya bukannya karena anaknya lahir di luar pernikahan ya? Gue bengong dulu tuh di depan pintu keluar. Menyadari ada yang nggak bener, gue langsung balik ke bagian pelayanan dan langsung dikoreksi. Coba kalau gue ngeh-nya pas udah sampe rumah, hadyeeeeh, perjalanan PP 60 km yaa males banget gaes.

Agustus! Bulan yang selalu gue waspadai. Di bulan ini entah kenapa gue selalu biduran. Se-mu-ka! Nggak ngerti lagi. Akhirnya cetirizine aja udah deh tiap malem. Semingguan hilang. 

Trigger warning !!

Pertengahan tahun 2020 gue dapat beberapa kesempatan untuk ngomong di depan banyak orang. Yang pertama waktu jadi pemateri pelatihan Google Classroom buat guru-guru di sekolah gue sendiri, wkwk. Kedua, waktu jadi tim IT di acara semacam MPLS gitu dan berhubung acaranya full online, jadi yang megang acaranya justru malah tim IT nya. Dan yang ketiga, gue siaran di radio. Wkwkwkwkwk~

Sungguh pengalaman yang satu itu tak akan terlupakan.

Jadi, gue dapat kesempatan pertama kali untuk mengajar secara online lewat Jogja Belajar Radio. Waktu itu temen babanya bayik yang daftarin. Setelah lewat proses seleksi internal, eh gue kepilih ternyata. Akhirnya dihubungin, dikasih brief dan diminta persiapan buat mengajar online. Gimana rasanya? Sungguh, aku mau lagi dong kalo boleh. Hehehe. Deg-degan ya pasti, tapi berhubung materi yang gue sampaikan udah lumayan nglotok, jadi ya akhirnya ngalir gitu aja.

Berfoto bersama mas Happy yang selalu happy

Kalau mau lihat videonya, buka link ini aja.

Gue sengaja ngasihtau temen-temen ngajar di sekolah last minute sebelum on air. Tujuannya biar nggak seheboh itu. Tapi ternyata temen-temen gue ternyata memang seheboh itu. Mereka nobar di ruang guru, ngirim salam, komen di live Youtube-nya. Ah, sungguh support yang tiada terkira. 

Habis itu, bumer gue tiap kemana-mana mesti nyuruh orang untuk lihat video gue ngajar itu di Yutub. Hihihihi.

Ternyata kejutan di pertengahan tahun 2020 belum kelar pemirsa. Suatu hari gue iseng search nama gue di Google. Biasanya sih yang muncul di page one tuh data akademik, linkedin dan sosmed gue. Terus gue buka tab Image tuh, scroll sampe bawah mau lihat ada foto wajah gue yang terpampang nyata nggak. Hahaha. Kalo ada mau gue apus gitu maksudnya. Eeeeeh, kok malah nemu sesuatu. Jengjeeeeeeeng~

Bukunya ditemu Anggik di Gramedia.
 

Kaget. Nggak nyangka kalau ternyata buku yang gue dan babanya bayik tulis tahun 2019 itu udah terbit. Pada saat itu akhirnya gue heboh sendiri, langsung bilang baba kalau bukunya udah terbit. Rasanya seneng banget bisa punya buku yang diterbitin penerbit. Setelah drama tahun 2017-2018 dimana gue juga hampir nerbitin satu buku; udah tanda tangan MoU, udah  dibayar royaltinya, udah masuk tahap editing dan layouting, udah proofing, preview, tinggal nunggu terbit doang pokoknya mah, eeeeeeh ternyata karena satu dan lain hal terpaksa nggak jadi terbit. Udah gitu gabisa diposting pula karena secara etika bisnis, gambar itu udah bukan punya gue lagi. 

Jadinya waktu dapet proyek ngerjain buku di tahun 2019 kemarin, gue diem-diem aja dulu sampe tu buku terbit. Eh, dapet bonus nulis buku sama suamik pula.

Sneak peek.
 

Kalau menilik gue 20 tahunan yang lalu (sekarang umur lo berapa emang heeeey?), ada ucapan dari bulik dan nyokap gue yang ternyata jadi do'a dan terwujud. "Kamu kan seneng bikin cerita, mbok nulis aja jadiin buku!". Dan dulu ada satu lagi ucapan nyokap yang jadi nyata. Gara-gara jaman AFI tahun 2000an dulu gue seneng sok-sokan nyanyi gitu, nyokap bilang, "Nyanyi mulu. Emangnya mau jadi penyanyi?". Eh, tahun 2012-2015 beneran jadi penyanyi keliling fakultas di kampus dong. Ckck. Sungguh ucapan ibu sangatlah manjyoooor.

Lanjut!

Menjelang akhir tahun ternyata malah makin sibuk. Covid belum menunjukkan tanda-tanda akan lenyap dari Indonesia (justru kasusnya makin banyak). Sekolah tempat gue ngajar punya 2 hajat gede. Akreditasi perpustakaan sama akreditasi sekolah. Gue terlibat dan cukup sibuk untuk ngerjain ini-itu. Satu hal pencapaian di persiapan akreditasi perpustakaan yang secara pribadi gue alami adalah: gue belajar software digilib via Zoom, instal di laptop dengan segala error yang perlu ngubek-ngubek stackoverflow, sampai sukses dan mengisi 1000an lebih judul buku yang diinput secara manual ke dalam software tersebut. Sayangnya, akreditasi perpustakaannya diundur karena 1000an judul buku saja tidaklah cukup mailof untuk mengejar nilai akreditasi yang baik.

Belum sempet nafas habis nginput 1000an judul buku (ini nggak literally judulnya doang lho ya, tapi sama identitas buku, panjang, tebal, jumlah halaman, de el el, de es be), udah dihajar akreditasi sekolah. Yang ini nggak terlalu ngabisin energi buat ngetik si, tapi ngabisin energi buat mikir. Hahahahaha. Dengan segala drama dan problematikanya, akhirnya pada akhir Desember selesai juga akreditasi sekolahnya. Alhamdulillah sekolah tempat gue ngajar dapat akreditasi A dalam piloting project akreditasi online tahun 2020.

Pas ada asesor akreditasi sekolah
 

Gue juga punya pengalaman kesehatan tentang keluarga gue di tahun ini. Adik gue yang paling kecil waktu itu panas tinggi dan batuk. Karena beberapa hari nggak turun, akhirnya periksa ke klinik kantor bokap dan dirujuk ke Rumah Sakit. Sampai di rumah sakit cek darah, rontgen paru dan rapid test. Diagnosa dokter klinik adalah demam berdarah. Tapi karena hasil rapidnya positif, adek gue harus dirawat di ruang isolasi, ditemenin nyokap. Kata nyokap, ruangan isolasinya bener-bener tertutup. Nggak boleh ada penjenguk. Kiriman harus lewat perawat. Nyokap 24 jam pakai masker dan hazmat waktu nemenin adek gue. Bener-bener yang harus dikuatkan bukan cuma yang sakit, yang nemenin juga harus lebih kuat. Setelah swab, dirawat beberapa hari, hasil swabnya negatif dan trombosit udah cenderung naik, akhirnya adek gue boleh pulang. Alhamdulillah..

Di akhir Desember, baba sempat swab karena merasa mengalami gejala Covid 19 (kehilangan indera penciuman). Sembari menunggu hasilnya keluar, beliau isolasi mandiri. Tidur berjauhan sama anak dan istri selama beberapa hari, nggak bisa kemana-mana, nggak ada yang nemenin, nggak ada tempat cerita, nggak tau keadaannya dia sakit beneran atau enggak, pasti nyerang mental banget. Gue sampai bener-bener memilih kata untuk ngobrol sama beliau supaya nggak menyinggung dan bikin dia sedih. Nggak kebayang mereka penyintas Covid 19 yang harus dirawat di ruang isolasi yang tertutup, sendirian pula. Setelah 5 hari isolasi mandiri, hasil swab baba keluar dan hasilnya negatif. Alhamdulillah..

Dibalik keadaan yang kurang mengenakkan karena pandemi, gue amat bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk sehat, hidup dan bisa menemani dua jagoan gue (baba dan bayik).Banyak WFH bikin gue bisa menemani bayik setiap hari, melihat perkembangan dia, ikut ngontrol apa yang dia makan, nemenin main. Pokoknya jadi punya banyak sekali waktu untuk bersama bayik.

Oiya satu hal lagi, adanya pandemi ini ternyata membuat gue jadi memanfaatkan segala sesuatu yang udah gue punya di rumah. Gue punya mesin jahit yang sebenernya ya nggak nganggur-nganggur amat. Gue beli beberapa potong kain perca yang motifnya lucu-lucu, terus ngide buat bikin masker kain. Awalnya cuma buat dipake gue, baba sama bayik karena masker kain yang selama ini gue beli tu nggak pernah pas di muka gue. Bagian hidung pasti engap banget karena nggak ada ruang yang longgar (secara ye kan idung gue sungguhlah maksimum), kalo buat ngomong pasti nempel ke masker, dan sering melorot-melorot. Siapa sangka temen-temen di sekolah lihat dan bilang, "Bu Han, ku mau dong dibikinin masker kaya punya Bu Han. Keliatannya enak banget dipakenya...". Sempet maju mundur maju mundur, akhirnyaaaaaa lahirlah @sasmitalokraft yah bun.

Yang mo pesen masker 3D, boleeee~

Hari terakhir di 2020, gue di Bogor. Sama baba dan bayik juga. Kami berani pergi sejauh itu karena naik kendaraan pribadi dengan meminimalisir interaksi dengan orang lain. Tujuan gue hanya ingin melepas rindu ke orang tua dan adek-adek gue, bukan ke Bogor karena pengen pelesiran kemana-mana yaaa heeey anda jangan julid. Jadilah gue bener-bener memanfaatkan waktu yang gue miliki saat ini untuk menikmati kebersamaan dengan orang-orang yang gue cintai.

Nampaknya, pandemi Covid 19 di Indonesia belum akan berakhir dalam waktu dekat. Melihat angka postif setiap harinya yang bisa sampai belasan ribu orang, gue cuma bisa melindungi diri gue dan keluarga gue sendiri. Kalian juga ya. Jangan lupa pakai masker, sering cuci tangan pakai air mengalir dan sabun, menjaga jarak dengan orang lain, makan makanan bergizi dan melakukan aktivitas fisik.

Anak-anak sudah rindu belajar di sekolah, bermain di taman.

Orang-orang juga sudah rindu mengobrol, bercengkrama, berpelukan tanpa rasa khawatir.

Semoga pandemi ini segera berlalu. Aamiin.

Btw, nulis akhir 2020 di akhir bulan pertama 2021. Haha. Ya gapapa kan ya? Draftnya udah dari akhir Desember sih, tapi baru sempet nyelesaiin hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: