4 Agustus 2013

Penerbangan Ketiga

Jum'at kemarin (2/8) saya akhirnya meninggalkan Jogja buat sementara waktu. Meninggalkan segala macam aktivitas yang setiap hari kudu saya temui, meninggalkan ruangan di sebelah Unit JPD, meninggalkan PKM FT UNY, meninggalkan SC UNY tempat dimana saya menghabiskan banyak waktu beberapa waktu ke belakang. Udah sumpek banget di Jogja, dan dalam kesempatan liburan yang amat-sangat terbatas waktunya ini, saya menyempatkan diri untuk pulang ke rumah. Menjenguk tanah saya dibesarkan, Bogor.

Sebenernya udah dari lama banget pengen pulang, dari jamannya ujian semester yang berlangsung bulan Juni kemaren. Tapi apa daya Tuhan belum ngasih saya jalan buat pulang. Masih banyak amanah yang harus diselesaikan dengan baik. Masih banyak tanggungan dan urusan yang juga perlu diselesaikan. Alhasil saya juga harus menunda kepulangan dan menahan kerinduan saya terhadap Bogor ini.

Alhamdulillah, akhirnya punya kesempatan juga. Tuhan memuluskan rencana liburan saya di Bogor. Mulai dari perencanaan, pemilihan sarana transportasi sampai pemilihan hari saya rundingkan dengan kedua orang tua saya di Bogor. Kayaknya yang udah kebelet kangen bukan Cuma saya, terbukti dari sms yang saya terima dari ibu, yang lebih banyak bertanya soal "Mbak, kapan pulang?". Rasanya nggak sabar banget nunggu hari H tiba.

Setelah memastikan semua sudah bisa ditinggalkan, saya pulang. Babay Jogja, babay kepenatan, babay masa lalu #eh

Siang kemarin, saya dianter sama anaknya Bude saya ke Adi Sucipto. Ya, kali ini saya kembali memilih pesawat sebagai perantara saya sampai ke Bogor. Kenapa? Sederhana saja sih, saya Cuma ingin lekas sampai. Setelah check in, saya membayar pajak dulu sebesar Rp. 35.000. Tiap bandara beda sih tarif pajaknya, di soetta misalnya Rp. 40.000 (Maret 2013). Nggak tau kalau di bandara yang lain.

Tidak seperti pengalaman pertama dan kedua saya naik pesawat, kemarin itu saya harus menunggu pesawat yang delay sampai lebih dari 45 menit. Selama di waiting room, saya sambil memperhatikan orang-orang yang ada disana. Ada yang tilawah, ada yang asik banget sama gadgetnya, ada yang ngobrol seru banget, ada juga bule yang wara wiri dengan pakaian yang….emmm :| no komen.

Jadwal take off yang seharusnya jam 14.45, molor sampai jam 16.05. Kayaknya sih penyebab delaynya karena lalu lintas udara yang rame jadinya pesawatnya kudu ngantri gitu, maklum udah masuk arus mudik. Di dalem pesawat, saya diapit oleh dua bapak-bapak. Kami sempet ngobrol sedikit, dan saya jadi baru tau kalo ternyata kita bisa pesen seat yang deket jendela waktu check in. Haha. Sempet ada insiden yang lumayan ngganggu waktu ada salah satu penumpang yang ternyata salah naik pesawat. Bukan karena apa-apa, tapi karena saya cukup terganggu dengan kalimat protes yang dilontarkan bapak itu di dalam pesawat. Tapi saya mencoba buat nggak terlalu mendengarkan dan mencoba asik sendiri sama majalah yang sedang saya baca.

Setelah semuanya beres dan pesawat udah ancang-ancang mau terbang, saya mulai berdo'a. Bismillahi majrehaa wa mursahaa inna robbi laghfururrohiim. Ya Allah lindungi saya selama perjalanan, semoga saya sampai di rumah dalam keadaan tak kurang suatu apapun. Aaamiin. Sempet agak kaget karena take offnya agak berbeda dari penerbangan pertama dan kedua saya dulu. Emang sih katanya kalo take off sama landing itu bikin kuping pengang karena tekanan udaranya berubah, tapi kali ini beda aja rasanya, nggak se enak dulu.

Selama satu jam di ketinggian lebih dari 20.000 mdpl itu saya nggak bisa nahan supaya terus melek. Akhirnya saya tidur saking capek dan ngantuknya. Untung aja nggak sampe nyender-nyender ke bapak-bapak di sebelah saya. Habisnya bosen sih, mau tilawah, posisinya nggak enak. Mau ngelihatin jendela juga nggak enak posisinya.

Jam 17.10 pesawat yang saya tumpangi sampai di Bandara Soekarno Hatta. Welcome to Jakarta, kata saya ke diri saya sendiri. Landingnya terhitung mulus dibandingkan kedua penerbangan saya sebelumnya. Setelah dibawa berputar-putar selama lebih kurang 10 menit di landasan, pesawat akhirnya benar-benar berhenti. Saya kemudian turun dan menuju pintu keluar bandara. Yang pertama kali saya kabari kalau saya sudah mendarat adalah ibu saya, hehe.

Berhubung sudah bisa memperkirakan kalau saya bakalan buka puasa di perjalanan ke Bogor, saya nyiapin takjil ala saya . The kemasan botol plus sebungkus roti boy siap menemani perjalanan saya menuju Bogor. Kali ini saya nggak dijemput sama orang tua saya kayak dulu, tapi saya harus naik bus DAMRI sampai Citeureup baru kemudian orangtua saya jemput disana.

Dari pintu keluar terminal satu, kalau mau ke shelter DAMRI nya tinggal nyebrang aja kok, nanti ada tulisannya. Tujuannya macem-macem, ada yang ke Thamrin, ada yang ke Tj. Priok, ada yang ke Cilegon dan yang pasti ada yang ke Bogor. Untuk tujuan Bogor, dipatok tarif sebesar Rp. 45.000. Mahal? Emm, menurut saya standar sih. Dengan fasilitas bus AC yang super nyaman ditambah koneksi wifi yang lumayan ngebut. Dijamin bikin betah.

Jalanan Jakarta petang itu lumayan lengang. Mungkin sebagian penduduknya udah pada mudik kali ya.  Saya duduk di baris ketiga dari belakang, sebelahan sama mbak-mbak cantik yang pas buka puasa, nyoblos air mineral sampe airnya muncrat kemana-mana. Saya ngecek handphone supaya bisa koneksi ke wifi nya bus, tapi ternyata ada passwordnya.  Bingung mau tanya sama siapa, akhirnya saya tanya di twitter. Tapi belum ada yang reply, saya udah keburu ketiduran. Bangun-bangun udah mau sampai di Cibubur, kemudian saya ngecek HP saya lagi. Ada beberapa mention masuk. Dari Nevira sama Keninda, mereka bilang password wifinya itu biasanya sama kayak nama wifinya. Jleger ._______.

Kemudian saya coba, aaaaand it works saudara-saudara. Ah sayangnya bentar lagi turun. Padahal lumayan buat ngupdate aplikasi. Hehe.

Pas kenek bus nya nanya siapa yang turun di Citeureup, lantas saya maju. Pas udah sampai di belakang supir, saya lihat ada tulisan username sama password wifi di bud itu. Wah, tapi gimana saya mau tau, lha tulisannya aja kecil banget, udah gitu sepenglihatan saya, Cuma ada satu di bus yang saya naikin itu.

Akhirnya saya ketemu kedua orang tua saya lagi. Aaak kangen bener deh :) Sayangnya nggak bisa langsung cium Radit karena Raditnya udah tidur. Saya sampai rumah sekitar jam 20.00. Nggak langsung tidur, tapi cerita-cerita banyak dulu. Ah, rumah udah banyak yang berbeda…