27 Juli 2013

Merbabu : Biarkan Gambar Bicara


Yak, tagline postingan yang telat banget ini adalah, nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan? Sebenernya ini adalah perjalanan terekstrim pertama yang pernah saya lakukan seumur hidup. Ceritanya sudah pernah saya publikasikan di lain tempat, hanya saja konten dan cerita yang saya angkat berbeda. Kalau dulu lebih ke 'modus terselubung' dalam perjalanan ini, kalau yang sekarang adalah 'sisi yang harus disyukuri' dari perjalanan tersebut.

29 - 30 Maret 2013

Akhirnya saya, untuk pertama kali nya bakalan naik gunung. Naik gunung meeeen. Gunung beneran. Bukan gunung-gunungan kayak Nglanggeran atau Kalitengah gitu. Kali ini saya bakal bawa badan dan hati saya ke salah satu Gunung di Jawa Tengah yang sebenernya udah mainstream banget. Gunung Merbabu. Tapi buat newbie macem saya, dapet ajakan kesana, dan diizinkan ikut aja rasanya udah seneng bangeeeeet. Makasih banyak buat Annis yang udah mau ngajak dan selanjutnya akan sering saya susahin. Hehe.

Nah, karena udah fix tujuan dan tanggal nya, otomatis harus persiapan dong. Selain dibantu sama Annis soal apa aja yang harus dibawa, saya juga googling loh. Dan berhubung newbie yang se-newbie-newbie nya, ini dia perlengkapan yang akhirnya saya bawa :

1. Tas Ransel [Yang biasanya berisi laptop dan dipake kuliah] - Punya Sendiri
2. Sleeping Bag - Punya Budi
3. Sendal gunung - Punya Haifa [Sepupu]
4. Pakaian Ganti - Punya Sendiri
5. Senter plus baterai - Punya simbah [Dulu pernah dipake buat Shibernika 2011]
6. Makanan ringan sama minuman sachet plus botol ECO 
7. Obat-obatan pribadi [Obat merah, obat pusing, aromatherapy, counterpain]
8. Sarung tangan, kaus kaki
9. Kamera 2 - Punya saya sama punya mbah Gandung
10. Headset
11. Kertas sama pulpen [Buat nulis surat cinta]
12. Identitas diri yang dimiliki [Sebenernya maksudnya sih dompet]
13. Alat makan
14. Alat ibadah

Betapa nggak modal nya saya sebagai newbie ._____________.

Tapi nggak apa-apa. Saya tetep semangat buat pendakian pertama saya. Walau badai menghadang, tsaaaah :3

Siapa aja sih yang bakalan ikut?

Nah, kali ini, saya akan dibersamai oleh orang-orang yang udah expert dalam bidang daki mendaki. Kata Annis, nanti bakalan bareng sama Tarjo dan teman-temannya. Sebenernya ketika itu saya nggak masalah sih mereka itu siapa, asal bisa jagain saya selama disana. Dan setau saya sih anak-anak mapala atau yang bisa berhubungan sama alam tuh orangnya bertanggung jawab #eak

Pas tanggal 29 pagi, saya sama Annis kumpul di kosnya Tarjo. Disana ketemu sama Latif, Hasidan, Yudik, Mas Himawan, temennya mas Himawan [selanjutnya disebut TMH], sama Ijay [temen ssatu jurusan] yang ternyata juga bakal ikut ndaki. Ternyata kalo mau ndaki itu nggak bisa satu orang bawa perlengkapannya dia sendiri, jadi di kosnya Tarjo kita bongkar tas, kayak misalnya, tenda jadi satu carrier, terus makanan sama minuman jadi satu tas, peralatan masak jadi satu tas. Gitu... Disini juga kita patungan, buat keperluan selama disana.

Berangkatlah kita ke basecamp Merbabu yang lewat jalur Wekas. Pokoknya skip aja yang di jalan. Sampe di sana, kita ketemu sama Wachid. Temennya Annis sama Tarjo. Daaaaaan lengkaplah kita ber sepuluh bakalan menempuh perjalanan yang semoga bakal menyenangkan.


Persiapan sebelum berangkat. Itu saya bawa pocari nya kok dua ya? ._____.
Oiya, inget nih pas di basecamp. Ternyata salah satu tas carriernya di bongkar ulang karena nggak layak naik. Eeeeeh itu kenapa baju ganti saya ikut-ikutan dilempar kesana kemari. Huwaa T.T


Sebelum berangkat, mari berdo'a daaaan foto-foto :3

Ciye banget nggak sih saya sama Annis janjian pake kaos yang sama. Yang dibeli pas Kunjungan Industri ke Jakarta waktu dulu itu. Haha. Kayak anak panti. Kenalan dulu deh, itu yang paling tinggi namanya Latif. Sebelahnya Yudik, sebelahnya lagi Ijay, sebelahnya Ijay itu Tarjo, sebelahnya Tarjo itu TMH, sebelahnya lagi Hasidan, sebelahnya lagi mas Himawan. Terus yang bawah ada Annis, Wahid dan saya yang pamer jempol pake tangan kanan.

Bismillah, Merbabu here we go.



Break pertama. Rutenya lumayan men yang ini, nuanjak :3
Disini, Annis pucet banget nih. Jebul dia belom makan nasi....


Penuh kabut.
Sepanjang jalan mendung sih, terus jalannya berkabut. Dingin. Ditambah hujan pula. Licin jadinya.


Break lagi.
Yakali break mulu, dan tiap break mesti kalo nggak ngeledekin saya ya foto-foto. Seru deh sama mereka. Walaupun baru pertama kali ketemu, tapi cepet akrabnya. 


Sampe di pos 2.
Setelah 3 jam berjalan, melewati tanah menanjak, menembus hutan dan diterjang hujan, Alhamdulillah kami sampai di pos 2. Begitu sampai, kami langsung cari tempat pewe buat diriin tenda. Oiya, itu ada personil tambahan. Suwer deh saya lupa banget dia itu siapa dan darimana. Yang jelas, dia itu nunut nunggu temennya gitu bareng sama saya dan temen-temen.



Membangun rumah, eh tenda.


Tendanya sudah jadi lho :D
Nah sekarang mau jelasin itu tenda apa aja. Tenda yang paling kanan itu tenda cowok, isinya empat orang tapi saya lupa siapa aja, kayaknya sih Tarjo, Wahid, Yudik sama siapa yaa... Duh lupa. Nah depannya itu tenda saya sama Annis. Terus yang merah itu juga tenda cowok. Jadi tenang aja, saya sama Annis punya singgasana sendiri kok :D



Makanan pertama yang masuk kedalem perut.
Udah pernah ngerasain enam mie instan dengan rasa dan jenis yang berbeda, di masak jadi satu? Pertamanya saya juga agak ragu, tapi kata mereka, di gunung mah makan apa aja juga jadi. Okelah, saya coba buat nyicipin. Dan entah apakah emang saya yang laper, doyan atau rakus, tetep di embat juga mie nya.

Masaknya pake apaan, Han?

Entar diceritain. Eh ada gambarnya nding.


Mamak, sumber air su dekat.




View di sekitar tenda. Keren kan? :3
Pas udah agak sore, jam setengah lima an. Kabutnya mulai menghilang, dan terlihatlah pemandangan yang Subhanallah luar biasa keren. Jadi kayak lagi kemping diantara pegunungan gitu.


ini Latif. Lihat dia mau bunuh diri.....
[enggak Han, dia cuma mau foto kok]

Kece yak, ada lautan awan gitu di belakangnya :3


Ceritanya ini demo supaya ada flying fox dari pos dua ke UNY.
Nah, pas disini juga ketambahan temen cewek. Lagi-lagi saya lupa namanya siapa. Hehe.


Sebelum summit.
Dibangunin Tarjo jam satu. Terus karena duingin buanget, akhirnya setelah persiapan saya sama Annis ngibrit ke tenda sebelah karena mereka lagi bikin minum. Hehe.


Perjalanan summit.
Nggak perlu diceritain kalo pas ini TMH hilang alias nggak diketahui keberadaannya. Selama summit, udaranya duingin buanget lagi. Tapi saya nggak betah pake sarung tangan sama kaos kaki soalnya badan kan ngeluarin panas juga jadinya rasanya aneh. Yaudah saya copot aja.


Kalo nengok ke belakang, langit sama bumi sama-sama dipenuhi bintang.
Sayangnya kemampuan kameranya nggak mumpuni. Jadinya cuma petengan gitu. Padahal keren abis pemandangannya. Bulannya bunder, cahayanya seolah bisa sampe ke tanah tempat kita berpijak. 

Beberapa kali terseok-seok soalnya gelap dan tracknya juga lumayan curam. Nanjak banget gitu. Sempet juga diminta jalan duluan. Tapi serem lah nggak berani, cuma diberani-beraniin aja. 


Arrived. Puncak Kentheng Songo. 3141 m dpl.
Jam lima lewat beberapa menit.

Saya takjub. Sumpah takjub banget. Subhanallaaaah. Sampe sana langsung sholat subuh dan menikmati sunrise. Nah, sekilas info dan fyi aja sih ya, kertas sama pulpen yang saya bawa dari rumah itu fungsinya buat bikin surat cinta di atas puncak merbabu. Sayangnya, saking dinginnya, saya cuma bisa nulis beberapa kata aja. Kaki udah keriput dan tangan susah digerakin buat nulis.


Fabiayyiaalairobbikuma tukadzibaan :')


Alay sih kita, Nis .______.


makasih banget buat Latif udah fotoin ini tanpa diminta.
Gunungnya dapet, sayanya dapet, jaketnya juga dapet. Ciye anak informatika ngga cuma koding, tapi juga bisa naik gunung #mesem


Nggak ada Annis nya ._.
Iya soalnya dia yang fotoin.


Turun. TKP HP Nokia x5-01 yang terjun bebas dan kepentok-pentok batu.
Gimana? Lumayan ekstrim kan? Kebayang dong pas summit malem-malem itu susahnya gimana?


View pas turun.
Alhamdulillah banget cuacanya cerah meriah euy, jadinya ini bisa lihat apa yang pas malem nggak bisa dilihat.



masih pemandangan.


pemandangan lagi.
dan sebagian rute.



Bukit itu kita namain 'Bukit Bintang'
Jadi pas summit itu, kita ngelewatin bukit itu supaya jalannya kepotong dan jadi cepet, jebul jalannya itu horor banget. Kemiringannya 90 derajat dan itu batu-batu tinggi semua. Malam hari dan itu cuma pake senter. Sempet agak terpesona sih waktu dipuji soal kemampuan manjat-manjat gitu. Haha #hus Nggak tau aja saya ini emang aslinya pecicilan.


saya masak men.
Nah ini lho peralatan masak yang tadi saya bilang. Namanya nesting.

Kenapa saya megangin gituan?

Yak, saya disuruh masak. Haha. Waktu saya tepar di tenda, Tarjo neriakin saya dari luar. Dia tanya saya laper apa enggak, nah berhubung laper, jadinya saya bilang aja "Laper Jo". Ternyata sebelum makan, saya disuruh masak sendiri. Tapi gapapa, jadi ngerti gimana caranya masak pake kompor gas yang kayak gitu.



tetep nikmat, dan tetep habis.
Perut karung emang ._____________________.


pas kita baru sampe pos dua setelah summit itu, tempat kita ngecamp ternyata udah rame sama tenda-tenda lainnya.

Setelah istirahat, kami beres-beres tenda. Pertanda sebentar lagi akan meninggalkan pos dua untuk turun ke basecamp lagi. Sayangnya, saya lupa dimana saya nyimpen foto-foto selama turun ke basecamp. Padahal selama perjalanan turun, kami fotonya sering banget.

Sampai di basecamp dalam waktu satu jam lebih dua puluh menit. Jos banget. Begitu masuk basecamp langsung hujan deres. Alhamdulillaah~~

Setelah hujannya berhenti kami kembali ke Jogja. Sepanjang jalan, saya sama Annis banyak cerita-cerita. Sampai di Jogja, saya nggak langsung pulang karena ada janji ketemuan sama Ulfi yang waktu itu nitip beliin buku buat temennya ke saya, jadi saya tep kudu ngasihin. Sekaligus nganterin Ulfi ke stasiun Tugu.

Udah sih, ceritanya cuma itu aja kok. Intinya saya seneng banget bisa mendaki gunung. Terima kasih Tuhan buat kesempatannya.


1 komentar:

Komentar dari: