15 April 2012

Wara-wiri UN

Teruntuk adik-adik kelas 12 SMA dimanapun kalian berada, selamat menempuh Ujian Nasional 2012. Semoga diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjawab semua pertanyaan. Jangan gugup, santai saja :D

Mungkin ini adalah waktu paling mendebarkan untuk adik-adik kelas saya itu. Beberapa yang saya lihat mengupdate status di Facebook maupun Twitter, dengan berbagai macam cara pandang mereka terhadap Ujian Nasional. Ada yang mengeluh, ada yang menyemangati diri sendiri, ada yang takut ada yang gugup. Tapi selagi semua itu masih dalam batas normal, itu masih dikategorikan perasaan yang wajar.


Tahun kemarin, saya juga mengalami hal itu kok. Suatu kondisi dimana ada perasaan deg-degan, dan takut untuk menghadapi UN. Suatu perasaan, "ini bisa nggak sih UN nya di skip aja?", tapi sayangnya mendiknas pun tidak akan mengabulkan permohonan saya agar UN ditiadakan. Haha :D

Tapi sebelum kita akan dihadapkan di medan perang UN, kita pasti sudah dibekali dengan berbagai macam senjata kan? Selama kelas 12 kita pun mengulang kembali pelajaran ketika kelas 10 dan 11. Kita mengikuti bimbingan belajar, dengan try out try out yang rutinitasnya hampir sama seperti keramas. Pokoknya semua hal pasti dipersiapkan semaksimal mungkin, kan? Jadi, ketika kita sudah mempersiapkan apapun semaksimal mungkin, kita tinggal menjalani dan mengusahakan yang terbaik. Keluarkan kemampuan terbaik kalian selama waktu UN berlangsung. Jangan panik. Kalian punya banyak waktu untuk mengerjakan, tapi juga jangan terlalu santai. Nah, setelah semuanya sudah berlalu, kita nantinya tinggal menunggu hasilnya dengan bertawakal kepada Tuhan. Semoga usaha kita sebanding lurus dengan hasil yang akan kita dapatkan.

Peralatan perang pun jangan sampai ketinggalan atau salah membeli. Saya mungkin akan sedikit berbagi soal perlatan yang saya gunakan saat UN berdasarkan pengalaman pribadi saya . Mulai dari papan, pilih papan yang terbuat dari mika atau kaca aja sekalian. Fungsinya buat apa? Supaya ketika kita menghitamkan LJK, dengan alas yang rata dan keras, tidak akan membuat bekas dibalik LJK tersebut.

Kedua, pensil 2B. Ini yang paling ditonjolkan saat UN sepertinya. Kalau saya menggunakan pensil Faber Castell yang saya beli di fotokopian. Hehe. Tapi dari sekolah saya, waktu itu disediakan 2 buah pensil dan sebuah penghapus beberapa minggu sebelum UN. Dan untuk mengetahui kualitas sebuah pensil itu bisa lolos uji komputer atau tidak, beli pensil ketika jaman-jaman TO. Gunakan pensil itu pada saat TO, ketika nilai TO kalian keluar, berarti pensil kalian asli dan bisa digunakan saat UN. Jangan lupa menyiapkan cadangan pensil. Jangan sampai hanya membawa satu buah pensil saat UN berlangsung.

Ketiga, penghapus. Gunakan penghapus yang bisa membersihkan dengan baik tanpa meninggalkan noda dan merusak kertas. Kalau saya biasanya pakai penghapus kenko atau faber castell yang warna hitam. Saya merasa cocok dengan kedua penghapus itu.

Ketiga, rautan. Pastikan rautan yang kalian bawa adalah rautan yang tajam. Kan nggak lucu kalo ternyata rautan yang dibawa tuh tumpul dan bikin kita jadi lama pas ngeraut pensil. Belum kalo isi pensilnya patah terus. Dijamin, waktu akan terbuang percuma dan kita kehilangan banyak waktu yang bikin kita jadi panik ketika mengerjakan soal-soal UN.

Keempat, pulpen. Kalo ini mah terserah, buat tanda tangan daftar kehadiran doang sih :D

Kelima, tisu. Siapin aja, apalagi yang sekolahnya nggak pasang AC di ruang kelas. Perpaduan panas di lingkungan dan panas dari dalam tubuh akibat otak yang dipaksa berfikir terlalu keras akan mengakibatkan overheat di sekitar tubuh dan akan mengeluarkan banyak keringat. Daripada LJK nya ketetesan keringet kan ya nggak lucu juga.

Kelima, ini sebetulnya harus diletakkan nomor satu. Hehe. Kartu Ujian. Kalau saya, trik supaya kartu ujian nggak hilang, saya beri gantungan untuk dikalungkan di leher. Karena kalau cuma mengandalkan penjepit, saya nggak yakin kartu itu akan betah pada posisinya. Karena saya adalah tipe orang yang pecicilan :3

Keenam, botol minum dan permen. Buat apa? Ya buat dimakan sama diminum, lebih bagus lagi kalo bawa dalam jumlah banyak dan dibagikan ke temen-temen sekaligus pengawas. Wkwk :D 

Dan yang harus diperhatikan sebelum UN adalah, persiapkan senjata tersebut, jangan sampai ada yang ketinggalan. Dan jangan lupa sarapan, atau bawa bekal untuk ketika pergantian jam. Baca Bismillah, selalu minta petunjuk dari Allah. Dan, akhir kata, ganbatte kudasai adik-adik :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: