21 Mei 2019

Cerita Kehamilan: Trimester Tiga Banyak Drama

Dua pertiga perjalanan adek bayik di dalam perut sudah dilewati. Rasanya, badan ini udah terbiasa banget ada malaikat kecil yang setiap hari selalu bikin jatuh cinta. Tinggal sepertiga perjalanan lagi sebelum bisa bertemu muka dan memeluknya.


Postingan sebelumnya: Cerita Kehamilan: Trimester Kedua yang Menyenangkan

Trimester tiga dimulai sejak usia kandungan masuk di 29 minggu. Ya kira-kira udah 7 bulanan lah. Perut udah semakin buncit, gerak kesana kemari udah lumayan agak susah. Buatku, trimester tiga rasanya lebih menakjubkan dibandingkan dengan dua trimester sebelumnya gara-gara di trimester tiga ini qadarullah aku beberapa kali harus berurusan dengan masalah kesehatanku.

Di awal trimester tiga, aku kena bakteri di lambung yang bikin badanku panas sampai hampir 39 derajat  celcius dalam waktu empat hari. Deg-degan dong. Udah mikir aneh-aneh kena tipes atau apa gitu. Udah gitu dada rasanya begah banget dan sesek kalau buat nafas. Karena lagi hamil gede, ku ngga berani minum obat sembarangan. Akhirnya aku ke dokter dan cek darah, baru deh ketauan kalau ternyata ada infeksi bakteri di lambungku.Kaget nggak sih? Kenapa coba bisa tau-tau kena infeksi bakteri? Akhirnya, berdasarkan hasil konsultasi ke dokter, aku harus minum antibiotik yang aman untuk ibu hamil. Sampai habis. Setelah obat habis, panas turun, badanku rasanya berangsur normal.

Kelar infeksi bakteri, sekujur badanku mulai gatel-gatel. Mulai dari paha, bibir, perut, sampai lipatan-lipatan. Ibu hamil kalau gatel-gatel itu sebenernya wajar aja sih. Tapi aku ngerasanya ini lumayan parah. Selama beberapa minggu, kok malah makin nyebar gatelnya. Puncaknya adalah ketika sekujur perutku gatel nggak ketulungan. Ada perubahan fisik di kulit perutku yang sampai setelah melahirkan pun bekasnya belum hilang. Bahkan saking aku ngerasa udah nggak wajar ini rasa gatelnya, sampai aku harus ke dokter spesialis KK di RSUD Sleman. Akhirnya dikasih salep untuk dioles ke perut dan ke bibir. Bayangin gimana kepikirannya aku lihat perubahan yang bener-bener drastis dan nggak tau bakal bisa kembali seperti sedia kala atau enggak. Di sisi lain, aku tetep harus happy, nggak boleh stres dan kepikiran berlebihan karena bakal berpengaruh juga ke adek di perutku. Jadinya ya kalau pas gatel gitu kugaruk aja, atau kalau lagi eling ya ku elus-elus doang. Walaupun kadang nggak mempan dan akhirnya tetep kugaruk dengan kekuatan maksimal. Ini jangan dicontoh ya, haha. Tapi ada satu hal yang aku syukuri dari gatel-gatel berlebihan ini, aku nggak ada stretch mark sama sekali. Yeeeeeey!

Ternyata, setelah baca postingan di ig @ibupedia_id ini dan baca comment sectionnya, aku punya banyak teman senasib yang punya 'bekas hamil' belum hilang sampai beberapa bulan pasca melahirkan.

sumber: IG @ibupedia_id

Aku masih kerja. Di dua sekolah. Lima hari seminggu, dan tetep naik motor sendiri. Baju seragam mulai kehilangan kupnat-nya, haha. Rok udah nggak cukup lagi dipakai dan harus pakai inner gamis tanpa lengan supaya nggak kerasa sesek dan terlihat meletat-meletot perutnya. Nah, ada cerita lagi nih soal kulitku. Tiap ke sekolah aku kan dandan kek biasanya ya, tapi begitu sampai sekolah tuh muka kelihatannya kusemmmm banget. Kalo kata temen-temen guru yang udah senior, karena anak yang ada di perutku itu laki-laki, makanya emaknya kusem. Haha. Padahal dandan ya kek biasanya ngga ada yang dikurangi apa ditambah. Udah gitu, efek gatel-gatel di badanku ternyata pengaruh juga sampai ke bibir. Bibirku nggak bisa dioles lipstik dong! Kek baal gitu rasanya. Kalau dioles lipstik langsung jadi kering dan tambah gatel. Ku kira alergi kan ya, tapi aku nggak habis ganti lipstik tuh. Tetep ku pakai yang biasanya. 

Alhasil udah mah muka kusem, ditambah nggak lipstikan tiap ke sekolah, aku jadi dikira sakit setiap hari gara-gara bibirnya pucat. Hadeeeeh. Awalnya risih juga ke sekolah cuma mosturizer, sunscreen sama bedak tapi demi biar cepet sembuh yaudahlah akhirnya aku bodo amat juga. Lama-lama ya biasa (karena, yaudah sih bodo amat) :D

Konsul ke dokter kandungan setiap bulan Alhamdulillah progressnya baik. Karena udah trimester tiga, suruh dibanyakin jalan. Alhamdulillah aku masih kerja, jadi kalau di sekolah aku jalaaaaan aja. Ngajar juga kadang di lantai dua bahkan lantai tiga, jadi harus naik turun tangga. Walaupun engap, tapi ya emang harus gitu. Kalau cuma di rumah sudah pasti aku bakal mager. Haha. Masuk ke minggu 30, posisi kepala adek sudah di bawah. Dan menjelang minggu-minggu terakhir, kepala adek sudah masuk panggul. Sejak saat itu, kontrol ke dokter kandungannya jadi satu minggu sekali. Selama masa kontrol, nggak ada indikasi medis dari adek dan aku misalnya tekanan darah tinggi, detak jantung kurang atau berlebih, lilitan tali pusat atau plasenta menghalangi jalan lahir, jadinya insya Allah aku bisa melahirkan normal. Ini bener-bener yang aku dan Farid harapkan dan afirmasikan ke adek bayik setiap hari. Mudah-mudahan sampai di ruang persalinan juga tetap bisa normal. Karena ada juga lho yang prediksinya normal, tapi ada permasalahan yang tidak terduga yang mengakibatkan harus dilakukan tindakan operasi sesar.

Katanya, menjelang persalinan tuh hasrat belanja perlengkapan bayi bakalan menggebu-gebu banget. Tapi kok nggak berlaku di aku ya. Haha. Sejak awal hamil, aku tuh jadi males belanja apa-apa, jadinya baju hamil aku ngga punya, celana hamil nggak punya. Bahkan sampai di bulan ke 8-9 dimana para bumil bakal kalap belanja printilan bayi pun, tidak pengaruh ke aku. Untungnya, ada ‘lungsuran’ popok, baju bayi dan perlengkapan lainnya dari temannya adikku. Namanya baju newborn yaa, dipakenya paling cuma sebentar, jadinya ya masih bagus banget. Ini bisa jadi #protips lho! Baju bayi disimpen aja, nanti kalo masih bagus bisa dikasihkan ke saudara atau dipakai buat kehamilan selanjutnya. Lumayan, hemat banget.

Cara mancing kontraksi?
Di minggu ke 36, kan udah udah cukup bulan tuh. Aku mulai mancing-mancing kontraksi dengan makan buah nanas dan durian. Akhirnya, setelah ditahan-tahan sekian lama untuk nggak makan buah nanas, aku bisa makan agak banyak dari biasanya. Udah gitu, pas masuk minggu ke 36, pas banget di rumah ibu mertuaku ada duren yang uwenaaaaak banget. Dibanyakin jalannya, dibanyakin naik turun tangganya. Terus aku juga main birthing ball lungsuran dari mbak iparku. Dan katanya, melakukan hubungan suami istri juga bisa memicu kontraksi, tapi yang ini ku skip karena.........................

Oiya, aku juga follow instagram @bidankita yang isinya banyak banget informasi soal kehamilan dan persalinan. Misalnya, untuk bikin adek supaya lekas masuk panggul, terus tentang gentle birth, hypnoteraphy, afirmasi, prenatal yoga. Wah lengkap deh di situ. Silakan kalian coba buka-buka sendiri ya buat persiapan melahirkan.

Berat badan janin (BBJ) juga perlu banget dikontrol supaya nggak terlalu besar saat akan dikeluarkan. Waktu minggu ke 36, berat badan janinku sekitar 2,7 kg. Ternyata, kenaikan BBJ itu cepet banget di aku, kontrol di minggu setelahnya ternyata udah 3,2 kg. Naik 500gram seminggu. Ini pasti karena aku banyak makan makanan yang manis. Alhasil aku diminta untuk mengurangi konsumsi gula supaya naiknya nggak lebih ekstrim.

Pertanyaan selanjutnya, rencana mau lahiran dimana?
Haha, ini aku sebenernya agak tricky banget sih. Aku sama sekali nggak tau bakal lahiran dimana. Nggak ada bayangan di kepalaku 'aku mau lahiran di RS ini..' atau 'aku mau lahiran di bidan ini..'. Aku cuma jawab, di bidan di Kalibawang (rumah mertua). Aku sama Farid itu kadang suka nunda kerjaan. Kebetulan karena pas aku masuk trimester tiga ini beliau sibuk ngurus yudisium, jadinyaaa ngurus BPJS nya terlambat pemirsa. Wkwk. Beneran, ini jangan dicontoh ya gaes. Harus banget dipersiapkan sedini mungkin karena, ya, who knows what will happen kan. Operasi sesar itu biayanya mahal boook. Akhirnya, keputusan diambil bahwa aku akan melahirkan di tempat kerja mbak iparku. Di puskesmas. Ntar bakal kubahas di postingan tersendiri soal ini.

Beberapa teman tanya, kapan mulai cuti melahirkan?
Karena ini kelahiran pertama, aku masih belum kebayang apakah kemungkinan akan maju persalinannya atau bahkan lewat dari HPL. Ada yang bilang kalau anak cowok biasanya maju, anak pertama biasanya maju, yang haidnya teratur biasanya maju. Padahal, keknya bayi bakal keluar ya kalau emang udah waktunya keluar. Hehehe. Pengenku sih cutinya kalau udah mepet HPL supaya aku punya banyak waktu sama adek bayik setelah dia dilahirkan sebelum aku masuk kerja lagi. Jadinya, aku memutuskan untuk cuti mulai HPL-14. Dua minggu sebelum melahirkan, yang mana masa kehamilanku masuk di usia 38 minggu. Ini untuk mengantisipasi kalau ternyata kelahirannya bakal maju lumayan jauh dari HPL. Selain itu, udah engap beb naik motor sendiri kemana-mana, dengan jalanan yang banyakan lobangnya. Udah paling bener ini deh. Heheh. Oiya, kecuali memang sudah berencana untuk melahirkan dengan cara operasi sesar ya. Karena kan tanggalnya sudah ditentukan tuh, jadi bisa diatur lebih mateng deh cutinya sesuai tanggal rencana operasi.

Aku belum sempet kontrol lagi ke dokter soal kondisi terakhir adek bayik, tapi dari aplikasi Pregnancy+, katanya begini.

Aplikasi Pregnancy+ dari Apps Store

Gembul bats bayiknya. Tapi itu bukan gambar bayi ku lho ya. Oiya, aplikasi ini lengkap banget sih menurutku. Bahkan ada alat hitung kontraksinya juga kalau kalian beli yang full version. Sayangnya ku cuma pake yang gretongan, jadi nggak bisa akses ke semua fiturnya. Pelit ya. Haha~

Pas menunggu waktu kontrol di minggu berikutnya, ternyataa......
Bersambung ke postingan selanjutnya ya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: