25 Agustus 2013

Move On dan Dinamikanya


Hari ini saya jadi bahan bullying waktu evaluasi. Beberapa temen yang satu sie dan satu fakultas, dan udah sedikit banyak tau tentang saya ngeledekin saya terus. Em, saya disuruh 'gek ndang move on peh'. Sebenernya tadi pas ngoprek foto osp*k FT tahun kemaren, niatnya bukan mau cari foto masnya. Tapi mau lihat aja dokumentasinya kayak apa, eh temen-temen nangkepnya beda. Pokoknya malem ini udah di cap gagal move on #meratapiNasib

Kemudian sebelum pulang diajak makan juga sama beberapa temen. Em, dibilang deket sih enggak tapi ya kenal dan dia tau saya dan masnya dulu kayak gimana. Di tempat makan, saya ditanya sama mereka soal kenapa-bisa-sampe-udahan. Nggak banyak yang saya ceritain sih, cuma intinya aja. Temen saya itu juga nanya soal mbaknya. Soal masnya. Ya saya cuma jawab apa yang saya rasain dan saya alami serta saya lihat dengan kedua mata saya sendiri. Mereka ternyata nggak nyangka. Bahkan salah satu temen bilang gini, "Peh, ceritamu kok koyo sinetron sih...?", sebelum saya mulai cerita kejadiannya gimana.

Yang nonton aja sampe bisa bilang gitu, gimana saya yang ngejalanin? Hehe.

Ternyata saya sama masnya juga jadi perhatian temen-temen. Saya juga baru tau kalo pas open house ormawa 2013, temen saya yang tadi nanya juga udah nangkep sinyal nggak enak dari saya sama masnya. Dalam ceritanya, dia bilang gini "Kelihatan sih, Peh. Waktu Openhouse kemaren, aku lihat, dan aku ngerasa, wah ada yang nggak beres ini...". Duh, jebul ada yang merhatiin.

Lagi-lagi saya dinasehati, 'gek ndang move on peh'. Tapi kemudian saya jawab,  'mau move on ke siapa?'. Haha.

Kemudian pikiran absurd kembali muncul. Kali ini saya analogikan dengan gelas dan air

Kemudian ada beberapa akun teman yang merespon twit saya.




Jawabannya bervariasi yak?

Sebenernya analogi sederhana sih. Penjelasan untuk konteks tulisan saya adalah seperti ini. Gelas diibaratkan dengan 'hati saya', dan air diibaratkan dengan 'seseorang'. Saat ini posisinya gelas itu berisi air, tapi airnya sudah keruh. Kekeruhan itu berasal dari saking seringnya air dalam gelas itu diaduk dan diisi oleh berbagai macam bahan, misal gula, kopi dan susu. Kita sadar kalau air itu sudah tidak lagi layak untuk dikonsumsi, tapi kita bingung, mau dikosongkan dulu gelasnya baru mencari air pengganti, atau mencari airnya dulu baru mengosongkan gelasnya?

Mungkin mengapa ada yang sulit move on ya karena bingung itu. Mau melepaskan apa yang sudah ada dulu baru mencari seseorang pengganti, ataukah mencari pengganti dulu baru sekalian belajar melepas apa yang selama ini digenggam erat? Karena terkadang, hambatan seseorang untuk move on adalah karena hatinya masih bingung bagaimana cara mengikhlaskan, padahal sudah lama dilepas.

Misalkan, si A habis putus nih sama si B. Tapi si A masih sayang sama si B, karena banyak faktor yang mempengaruhi., diantaranya faktor K (Kenangan), LH (Lama Hubungan), KyD (Kesan yang Ditinggalkan). Nah si A ini tau kalo udah gak mungkin buat dia balik lagi sama si B karena si B udah lebih dulu bisa move on dan punya pengganti. Si A juga berfikir kalau dia harus move on karena nggak baik kalau berlama-lama terkurung dalam kenangan masa lalu. Si A juga tipe orang yang good looking, menarik. Banyak lawan jenis yang tertarik. Tapi si A bingung, haruskah berusaha mengikhlaskan dulu kemudian memilih, ataukah memilih dulu baru belajar untuk mengikhlaskan?

Mana ya yang lebih baik?

Kalau saya pribadi sih bisa jadi akan menjawab yang kedua. Menemukan, baru belajar mengikhlaskan. Karena saya akan merasa saya perlu memperjuangkan sesuatu. Dengan adanya seseorang yang lain, maka keikhlasan itu akan datang dengan segera. Saya jadi akan 'terpaksa' belajar mengubur keinginan tapi tanpa perlu merasa kehilangan keinginan yang lain. Tapi...

Siapa juga yang mau ngedeketin orang yang belum bisa move on dari masa lalunya? :p

gambar dari : locomostrip.com

1 komentar:

  1. Coba kamu minum air putih, yang gelasnya masih ada serbuk kopinya peh. Gimana rasanya?
    Kalo aku mesti jawab pertanyaanmu, kosongin dulu tuh gelasnya, terus bersihin sekalian sebersih-bersihnya, sampe kotoran dan baunya udah ilang. Baru kalo mau diisi, tinggal diisi.

    BalasHapus

Komentar dari: