12 Agustus 2013

Diomongin Dong

Nggak cuma sekali saya punya banyak sekali ide di kepala, sudah disampaikan ke orang lain, tapi nggak bisa direalisasikan karena saya nggak bisa menyampaikan dengan baik apa yang saya mau. Istilahnya, nggak punya argumen yang beralasan. Saya mau ini. Caranya, langkahnya, bayangannya udah ada semua di kepala saya, tapi begitu disampaikan ke orang lain jadi njelimet nggak karu-karuan. Begitu ngomong langsung muter-muter nggak jelas dan malah bikin orang lain bingung.

Ngomong di depan temen biasa aja belibet, apalagi ngomong di depan orang yang ditaksir. Riweh kuadrat mungkin.

Kasus pertama, pas ngerjain proyek RPL. Kan di apps yang saya dan temen-temen bikin itu kan ada fitur 'search', nah saya nyumbang ide nih buat fitur itu. Saya maunya A, temen saya maunya B. Di kepala saya udah nangkep nih kalo kita pake A, nanti bakal gini gini gini. Temen saya juga ngungkapin rencana B. Tapi karena saya nggak bisa berargumen buat meloloskan ide saya, alhasil yang diterima adalah idenya B. Kemudian begitu di tes sama bu Dosen, bu Dosen lebih sreg pake metode A yang pernah saya rencanain. Ya mau nyalahin siapa coba kalo gitu, kan yang nggak bisa menyampaikan pendapat saya ._.

Kasus kedua, pas rapat interen sie Pendaftaran semjur. Pas diskusi, kita nemu banyak banget pertanyaan tapi kita belum nemu jawabannya karena harus diskusi sama pak ketua. Kita juga udah punya bayak konsepan nih. Berhubung pak ketuanya ada di deket tempat kita rapat, jadi kita minta pak ketua buat dateng. Begitu pak ketua dateng, jejeng.... Saya kehilangan banyak hal yang mau saya tanyain. Untung aja sebelum pak ketua dateng, saya sempet nulis apa yang mau saya tanyakan dan laporkan. Nah, pak ketuanya kan udah baca tuh, begitu dianya tanya ke saya penjelasannya gimana, lagi-lagi omongan saya belibet nggak karuan. Yang ada saya malah plarak-plirik ke temen saya, nyari dukungan, minta tolong dibantuin ngomong.

Dan yang ketiga, tadi pagi. Diminta software testing sama temen PI. Saya nemu beberapa bug, dan udah saya sampaikan ke temen itu, tapi dia ternyata punya argumen sendiri atas bug nya. Terus saya nyoba jelasin pendapat saya, tapi kebanyakan cuma amm emmm ammm emmm doang soalnya ya itu, susah banget ngomongnya -____________- Sampe sedikit eyel-eyelan, tapi ya nggak sampe jotos-jotosan gitu.

Tapi, temen saya yang terakhir itu bisa paham juga maksud saya apaan setelah saya memutuskan untuk menuliskannya daripada membicarakannya. Dia bisa mendekripsi kalimat saya dan akhirnya mau menerima bug yang saya sampaikan tadi untuk selanjutnya diperbaiki.

Saya boleh salah fokus?
Dia selalu bisa menerjemahkan kesulitan berbahasa saya :)

Saya udah sempet nyampein hal ini ke salah seorang temen waktu diskusi kecil di depan sekre. Dia nggak banyak komentar sih, ya cuma pasang kuping aja dengerin cerita saya soal kesulitan ini. 

Oke, jadi yang saya butuhkan adalah kesempatan lebih buat :
1. Belajar lagi gimana caranya menyampaikan pendapat yang baik. Saya nggak boleh bergantung sama orang lain. Masa iya nanti saya mau kesana kesini kudu bawa translator bahasa saya? Haha.
2.  Praktik~ Praktik ngomong di depan banyak orang lagi.
3.  Baca banyak buku. Mungkin nggak bisa berargumen karena kurang wawasan, jadi mau ngomong ini takut salah, mau ngomong itu takut salah.

Yah, selamat belajar kembali, Han :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: