9 Juni 2013

Semarang : Daftar ketiga

Alhamdulilah, puij syukur kehadirat Allah yang Maha Baik, Maha Pemberi Kesempatan. Karena sampai hari ini saya sudah bisa mencoret 3 hal yang ingin saya capai di usia saya yang kedua puluh. #Uhuk. Sebuah keinginan sederhana, "ke Semarang", begitu saya tulis di daftar itu. Saya tidak menulis secara detail ingin ke Semarang bersama siapa dan untuk apa. Biar Tuhan yang mengatur segala detailnya sementara saya memberikan permohonan secara umum..

Terus, gimana ceritanya bisa sampai sana, Han?

Jadi gini, saya ke Semarang dalam rangka jadi supporter tim Robot UNY. Suatu sore, Akhi telfon saya dan menawarkan sebuah kursi bus yang membawa rombongan supporter tim robot UNY yang akan berlaga di Kontes Robot Nasional 2013 di UDINUS.

Akhi : Kamu mau nggak ikut ke Semarang jadi supporter tim robot?
Saya : Mau... Eh terus Rahma sama Annis?
Akhi : Kamu dulu yang aku prioritaskan, kamu pengen ke Semarang kan? Bangkunya tinggal satu lagi...

Aaak, Akhi ini memang minta dipeluk. Hehe.

Dan tanpa ba-bi-bu, Sabtu (8/6) saya dan 30an supporter yang lain berangkat ke Semarang menaiki bus UNY. Sepanjang jalan saya cuma tidur, padahal kata Akhi, pemandangan Merapi, Merbabu, Sindoro nya keren banget kayak Trio Kwek-kwek jaman dulu saya masih jadi anak kecil, unyu-unyu gitu bikin pengen foto terus. Tapi apa daya, saya mau balas dendam karena paginya itu cuma tidur dua-tiga jam, dan posisi duduk di busnya juga udah pewe banget. Yaudah saya tidur lagi setelah mengabadikan satu buah gambar tiga gunung itu.

Bangun-bangun udah sampe GOR Jatidiri di Semarang. Dengan muka yang masih muka bantal gitu, saya turun bis, ngambil tiket sama ngambil balon yang buat supporter gitu, sambil norak banget ngeliat-liatin sekitar sambil foto-foto ._. #Duh. Tiket yang digunakan bentuknya gelang, dan harus selalu dipake kalo mau keluar-masuk GOR.

Di dalem GOR, salah satu sudut tribun udah dipenuhi sama supporter dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang jumlahnya mungkin 100an orang, sementara supporternya UNY cuma 30an orang. Oiya, FYI aja untuk KRN tingkat Nasional ini, tim robot UNY yang lolos ada 4 kategori, yaitu KRI, KRSI, KRPAI Berkaki dan KRPAI Beroda. Mengalahkan kampus sebelah yang waktu penyisihan tingkat regional 3, KRInya bermasalah jadinya nggak lolos *keprokin UNY* :3

Aktivitas selama di GOR ya cuma jadi supporter seperti biasanya. Takjub juga ngeliat acara pembukaannya, meriah banget. Ada gamelan virtualnya, jadi main gamelannya pake gadget semacam tablet dan teman-temannya gitu. Terus ada sendratari Hanoman. Dan peresmian pembukaannya gongnya itu dibawain sama robot yang jadi maskot KRN 2013 ini. Terus pas habis dipukul gongnya, muncul kembang api gitu dari depan panggung. Saya melongo aja gitu kayak orang oon :o

keyen :3

Pertandingan yang paling seru adalah KRI, atau Kontes Robot Indonesia. Dimana pada kategori ini, dalam satu tim terdapat dua buah robot. Yang satu dikendalikan secara manual sama operator, yang satunya bergerak otomatis. Nah, tantangannya adalah, robot manual mengambil balok yang disediakan kemudian dipindah ke tempat yang disediakan. Setelah 3 balok dimasukkan ke tempatnya, robot otomatis juga meletakkan minimal 3 balok ke tempatnya. Setelah itu robot otomatis mengambil anak panah, dan diberikan kepada robot manual. Nah, ini yang paling menegangkan, yaitu ketika operator menembak target  supaya anak panahnya bisa berdiri tegak diatas target. Untuk kategori ini, robotnya PENS keren banget :D

Video final KRN tingkat Nasional nya belum nemu, tapi ini ada video Final KRN Regional 4
PENS vs ITS

Ini video Robocon 2013 yang akan diselenggarakan di Vietnam.
Jadi, menurut analisis sotoy saya, pemenang KRN ini akan dikirim untuk ikut Robocon 2013.

Hari pertama selesai, robot UNY yang masuk ke semifinal hanya KRPAI Beroda. Sempet sedih sih waktu lihat KRInya UNY, robot otomatisnya ngambek nggak mau jalan.

Habis itu saya sama temen-temen istirahat di asrama gitu. Sebelum tidur ada surhat session dulu dari salah seorang adek kelas. Saya sama Akhi yang juga satu kamar, cuma bisa ngakak aja karena ngerasa diceritain pengalaman yg pernah dialami, tapi dari sudut pandang orang lain. Haha. Saya juga cuma cekikikan aja dengerin dia cerita. Pokoknya kesimpulannya, laki-laki itu sama saja. Haha.

Terus paginya, surhat masih berlanjut. Sampai mengeluarkan banyak quote, diantaranya :

"Pacaran adalah putus yang tertunda"

Kemudian, salah satu mbak tingkat nambahin. 'Iya ya, namanya pacaran pasti putus. Entah itu putus di pelaminan, putus ditengah jalan atau putus karena maut'. Tsah :3

Saya terpaksa berkamuflase dengan kacamata karena mata kanan saya makin bengkak, eeh ditambah mata kiri saya bengkak di bagian bawah kelopak mata. Persis kaya orang habis ditonjokin. Em, saya curiga pelakunya adalah ini :



Nyamuknya gede banget berooooo :o

Sampai di GOR lagi, saya cuma menggalau. Oh men, Akhi sempet menyebutkan kalimat yang cukup membuat mood saya anjlok total. Kemudian, udah moodnya anjlok, ditambah saya buka facebook *akhirnya* dan menemukan bahwa, ah... Dia ternyata berkembang jauh lebih baik ketimbang saat bersama saya. Kabid 3, ketua semnas jurusan, panitia technofest *yang ini saya nggak tau beliau jadi apa*, wakil ketua himatika yogyakarta. Salut, kamu hebat, pak :)

Ditengah kemerosotan mood saya itu, temen SMA saya yang anak UNDIP (@adithyawn) sms saya ngajakin saya pergi kerumah Dosennya buat ngumpulin tugas. Berhubung saya juga udah terlanjur BT di GOR, saya iya-in aja. Jadilah saya malah mbolang ke kota Semarang sama dia.

Saya diajak ke Semarang bawah. Ngelewatin simpang lima yang ternyata gede banget *selama ini saya lihat simpang lima cuma di FT doang haha*, dan sekitar simpang lima itu udah kerasa kayak di Jakarta aja. Habis dari simpang lima, kita lewat Pandanaran. Pandanaran itu semacam tempat beli oleh-oleh khas Semarang gitu, kayak misalnya Lumpia, Mochi, Bandeng... Sepanjang jalan, kiri kanan ku lihat saja, banyak toko oleh-oleh... *nyanyi*. Tapi berhubung saya belum pengen beli apa-apa, kita nggak berhenti dulu. Kemudian saya dikasih lihat Tugu Muda, dan ternyata itu deket sama Lawang Sewu. Yaudah, kita berhenti disitu dan masuk. Beruntungnya adalah, disana lagi ada pameran jadi kita bebas masuk Lawang Sewu tanpa dipungut biaya untuk tiket masuk \(^,^)/

Lawang Sewu itu, asik buat foto-foto. Haha. Bangunannya ya mirip-mirip sama kebanyakan bangunan tua peninggalan Belanda dulu. Kayak Museum Fatahillah di Kota Tua Jakarta, tapi Lawang Sewu pintunya banyak syekali. Dia sempet ngajakin buat masuk ke yang bawah tanah itu, katanya ada penjaranya. Tapi, saya agak fobia sama ruangan gelap dan sempit. Suka sesek gitu. Kan, kaaaaaan jadi keingetan di Goa Rancang Kencono kaaaan T.T Akhirnya saya nolak ajakannya, daripada kenapa-kenapa di bawah. Meskipun kelihatannya, Adith itu ngebet banget pengen turun. Ah tapi kan dia domisilinya di Semarang ya, bisa kapan aja ke Lawang Sewu *Seloooo*.


Next, destinasi kedua adalah.... Bingung. Pilihannya antara makan, beli oleh-oleh atau ke Sam Poo Kong. Apa itu Sam Poo Kong? Kayak gini nih :


Sebuah tempat wisata religi buat orang-orang tionghoa gitu.

Ditengah hujan yang menyergap Semarang, kata Adith saya beruntung banget ke Semarang pas hujan kayak gini, soalnya kalo pas panas gitu, bisa sampe 34 derajat celcius *wow*. Saya sebenernya nggak tau panas 34 derajat celcius itu kayak gimana, tapi kayaknya panas banget ya? Sebenernya kalo cuma hujan doang mah di Bogor juga banyak, dan selama dua hari di Semarang saya disambut hujan terus.

Sebelum akhirnya memutuskan ke Sam Poo Kong, saya minta dianter ke tempat beli lumpia. Akhirnya bali lagi ke Pandanaran buat beli lumpia sama mochi. Itu hujannya udah lumayan deres lah pokoknya.

Pas sampe di Sam Poo Kong, takjub aja Semarang punya tempat kayak gini. Kalo di Cibubur, ini kayak di Kampung Cina. Cuma kalo di kampung cina itu murni buat wisata, kalo disini ada tempat sembahyangnya juga. Rasanya disana tuh kayak lagi di luar negeri gitu, di kekaisaran Cina gitu... Sayangnya wajah saya nggak mendukung kamuflase Cina.

Sebenernya agak kurang fokus ya saya disini jadi supporter tapi malah kabur-kaburan. Ya gimana, kahanan ._. Tapi lumayan lah, nggak sia-sia saya ke Semarang. Selain jadi supporternya dapet, jalan-jalannya juga dapet. Habis dari Sam Poo Kong, saya dianter balik lagi ke GOR Jatidiri dimana temen-temen udah pada nunggu semua :3 Sempet diledekin mas Catur juga sih sampe saya jadi malu.. Hehe. 

Sepanjang perjalanan pulang, saya lebih banyak tidur *lagi* tapi begitu sampe Magelang langsung melek soalnya ada insiden yang nggak enak pas di bis tadi. Insidennya apa? Ya pokoknya gitu. Sempet bikin seisi bis nyaris panik, tapi overall semuanya baik-baik aja dan bisa sampai di KPLT dengan selamat dan sehat semua.

Dan ketika di akhir postingan ini ada pertanyaan, "Jogja atau Semarang?" saya akan dengan mantap menjawab, Jogjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa :D

Kenapaaa?
Ya, Jogja masih dan akan selalu jadi yang istimewa. Di Semarang, saya udah nyaris mikir kalau itu adalah Jakarta kedua. Metropolis banget. Bangunan bertingkat tinggi banget, Mall yang tinggi-tinggi, jalanan yang lebar banget itu sama kayak di Jakarta. Dan hal seperti itu nggak ditemukan di Jogja. Di Semarang juga jalannya banyak bunderannya. Hehe. Kalo di Jogja, setau saya, bunderan itu adanya BUnderan UGM sama bunderan yang di Bantul, deket jembatan kali Progo. Hehe. Ada lagi nggak sih?

Tapi kalo ditanya, "Jogja atau Bogor?", saya masih belum bisa menjawab.. :)

Ya, itulah sekelumit perjalanan di Semarang. Salah satu mimpi di 20 hal yang ingin saya lakukan dan saya capai di usia saya ke 20 sudah terwujud. Tuhan memang sutradara, programmer, penulis skenario, seniman, dan segalanya yang Terbaik. Alhamdulillah, terima kasih buat semua kesempatan ini :)



Sayangnya, saya ke Semarang bukan bersama seseorang yang dulu pernah mengajak saya kesana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: