4 Juni 2013

RPL : Rasanya Pengen Liburan

Mungkin hari ini adalah hari yang paling ditunggu sama mahasiswa semester 4 PTI UNY kelas E sama F. Bagaimana enggak, hari ini adalah hari eksebisi, atau eksekusi atau pembantaian *lebay* untuk Ujian Akhir Semester mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak.

Ih lebay banget cuma RPL doang ._.

Wets, tunggu dulu. RPL yang ini beda men. Mata kuliah RPL ini diampu oleh Bu Dosen yang kece banget, dan tugasnyapun kece. Saya dan temen-temen diminta untuk membuat dan mengembangkan aplikasi untuk mini digital kampus. Nah, apalagi tuh? Jadi gini, sebagai mahasiswa IT (baca : aiti), kita nggak boleh ketinggalan jaman. Sekarang udah masuk ke era serba digital. Presensi udah digital, Papan informasi udah digital, lama-lama makanan pun bisa digital. Jadi nanti kita cuma makan hologram gitu. Dijamin, enggak bikin kenyang.

Eh, yang bener dong, tugasnya apaan sih....?


Haha, iya deh. Jadi, nyambung yang tadi, saya sama temen-temen diminta untuk ikut berperan dalam kemajuan teknologi berdasarkan disiplin ilmu yang sedang kami pelajari. Kami diminta untuk membuat aplikasi yang berfungsi untuk digitalisasi kampus. Jadi nanti semua informasi tentang lingkungan kampus bisa kita dapatkan di dalam genggaman kita. Tapi kalo soal informasi jodoh sih saya nggak tau bisa apa enggak. Kalo bisa, mungkin saya semangat banget jadi developernya. Haha. Nah, tugas ini nggak dikerjakan hanya dalam sehari-dua hari, tapi satu semester. Bayangin, betapa Bu Dosen ini baik sekali. Kita cuma dibekali 5 kata kunci terpenting dalam pembuatan aplikasi tersebut, yaitu Analisis - Desain - Implementasi - Testing dan Maintenance. Ya, sebagai mahasiswa kita harus mandiri dong, jangan disuapin ilmu terus, tapi tep kudu nyari asupan ilmu dari mana-mana.

Pilihan materi aplikasi yang disediakan Bu Dosen adalah :
- Online Class
- eBook
- Online Assignment
- Digital ID
- Digital Information
- Digital Board
- Digital Map
- Digital Schedule
- Digital Social Life

Bingung ya? Haha. Googling sonoh :3

Komentar pertama dari saya dan temen-temen adalah keluhan mengenai gadget yang mendukung proyek ini. Karena nggak semua mahasiswa punya smartphone atau tablet kan ya. Tapi kata Bu Dosen, kita jangan mau dibatasi oleh kahanan. Haha. Punya laptop kan? Bisa pake emulator kan? Naaaah....

"Jangan menutup imajinasi dengan keterbatasan yang ada" - Bu Ratna

Alhamdulillah saya kebagian satu kelompok sama orang-orang hebat, yaitu Adit, Annis dan Selfi. Kami kebagian jatah bikin Digital Board. Waktu itu yang ada di bayangan saya adalah, jurusan saya punya papan gede banget gitu di depan kantor jurusan dan informasi yang ditampilkan itu interaktif, jadi boardnya itu bisa touchscreen. Tapi paling juga nggak awet, tau sendiri tangan mahasiswa kadang-kadang nggratil. Setelah diskusi ngalor ngidul, saya sama temen-temen udah mulai ngerti mau dibawa kemana Digital Board kami ini.

Ada yang bilang bahwa, nilailah sesuatu dari prosesnya. Kalau proses mempengaruhi nilai sebanyak 70%, mungkin kelompok saya bakalan dapet nilai jelek. Ya, mau gimana lagi. Sekelompok sama orang-orang hebat, bikin kita cuma bisa fokus ngerjain tiap senin malam, padahal selasa pagi adalah kuliahnya. Alhasil selama satu semester ini, tiap senin malam dihabiskan untuk ngelembur RPL ini. 

Seperti mahasiswa pada umumnya, baru bisa fokus mikir kalo udah dipepet sama deadline, H-1 eksebisi, saya sama temen-temen baru pada kelabakan nyelesaiin aplikasi. Seharian full dipake diskusi, desain, koding, nggalau, ngetwit, update status. Bahkan ada yang sampe koprol, sampe nginep di rumah temennya juga, bahkan ada yang nggak tidur. 

Berikut ini adalah twit yang sempat saya screenshoot :






Dan malam semakin heboh saat terdengar rumor bahwa pengujinya berjumlah lima orang :O



Ada juga yang berusaha kepo :3



Yah, gitu lah. Namanya juga usaha~~

Daaan, taraaa. Jam 11.00 siang tadi, eksebisi RPL dimulai di RF 4. Boleh jujur nggak? Saya nggak ngerasa deg-degan sama sekali loh buat ujian ini. Ada baiknya, ada nggak baiknya juga. Baiknya, saya jadi nggak spaneng dan nggak panik. Nggak baiknya, kok saya ngerasa ada yang salah ya sama saya, nggak biasanya saya kayak gini.

Kelompok saya di uji oleh 4 orang juri (kayaknya juri kelima datengnya telat jadi nggak ikut nilai). Semua pertanyaan bisa kami jawab dengan lumayan baik. Meskipun masih banyak kurang di sana-sini. Adit nih, kayak biasanya, selalu dateng telat dan bikin deg-degan.

Mau tau suasana dan ekspresi temen-temen kayak gimana? Ini dia....

 Kelompoknya Budi lagi ditanyain juri

 Kelompoknya Bang Ipul sama Kelompoknya Wahyu S

 Kelompoknya Jo

Dan jam 1 siang lebih beberapa menit, Ujian Akhir Semester mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak selesai dilakukan oleh kelas F. Ketara sih muka temen-temen yang tadinya spaneng jadi pada nyengir.. Kayaknya legaaa banget :3 Semoga hasilnya bener-bener memuaskan dan nggak perlu ada yang remidi ujian teori. Aamiin.... Jujur, sebenernya nggak pernah nyangka bakal bisa bikin aplikasi mobile kayak gini. Tapi saya kayak digaplok, sambil diteriakin di kuping, "Han, ini dunia lo hari ini, besok dan seterusnya! Tekuni bidang yang lo pelajari. Jangan biarin 4 tahun lo disini sia-sia!".

Ya, meskipun masih tetep ngerasa nggak dapet 'apa-apa' semester ini, tapi saya nemu sisi lain yang nggak saya dapet semester sebelumnya. Hehe, kuat ya Han. Tuh, bisa kan :) 

Selanjutnya, saya sama temen-temen akan mempersiapkan diri untuk Ujian Akhir Semester mata kuliah yang lain. Ganbatte !

2 komentar:

  1. juri kelima emang kagak ikutan..... :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jurinya komentar :3
      mas dayan telat ya datengnya makanya nggak jadi juri :p

      Hapus

Komentar dari: