14 April 2011

Seminar Motivasi SMAN 1 Cibinong

Hari ini adalah hari yang agak sedikit berbeda buat siswa kelas 12 SMAN 1 Cibinong. Nggak kaya biasanya, kali ini kita semua berangkat pagi bukan dengan tujuan SMAN 1 Cibinong, tapi menuju ke Pondok Orri. Sebuah gedung pertemuan di daerah Citeureup guna melaksanakan Seminar Motivasi buat persiapan terakhir menjelang pelaksanaan UN , Senin nanti.

Acara yang ditargetkan mulai jam 7 ngaret sampai jam 7.30-an. Gue dan temen-temen kelas XII IPA 4 berkumpul di salah satu tempat yang udah disediakan. Acara ini khusus buat anak kelas 3, yang dateng ya cuma anak kelas 3 plus guru-gurunya, jadi kerasanya tuh gedung milik anak kelas 3 doang. Pertama, kita membahas soal-soal aimulasi UN Matematika. Soalnya yang buat anak IPA, IPS, Bahasa tentang Logika, Persamaan Kuadrat, Limit, Deret, Komposisi Fungsi dan Invers.

Dilanjut break coffee selama 15 menit sambil nunggu pembicara selanjutnya dateng. Berhubung kita pada kelaperan, banyak anak2 Mayat yang bergerombol menuju minimarket terdekat buat beli makanan, termasuk gue. Pas udah balik ke gedung, Wayan bawa sebungkus gorengan yang langsung diserbu anak-anak sekelas dan tanpa menyisakan gorengan buat Wayan. Wayan cuma bisa meringis dan ngegigitin sedotan. Dengan mukanya yang melas, dia bilang "Udah gapapa, sedotan juga enak kok.." Hahaha jadi nggak tega. Terus, Abdian ngeluarin snack juga, dan seperti biasa, makanannya juga habis direbutin anak-anak. Emang raja tega nih semuanya. Dengan dalih, INDAHNYA BERBAGI. Hehehe, tapi seru lah. Soalnya gue juga ikutan.

Acara selanjutnya yaitu pembahasan Bahasa Inggris. Jujur aja gw ngantuk banget pas materi ini. Alhasil gue ngutrek2 handphone gue, OL lah, Foto-foto lah, main games lah, ngerecokin orang lah. Dan temen-temen disekeliling gue malah pada main ABC lima dasar. Hahaha dasar anak kecil :D

Selesai Bahasa Inggris, waktunya ISHOMA yang diawali dengan makan siang. XII IPA 4 berkumpul jadi satu, ditemenin Bu Surawi, wali kelas paling baik sedunia makan siang sambil lesehan. Seru. Banget. Eh seru aja. Hahaha. Habi itu lanjut sholat Dzuhur, tadinya mau sholat di rumah Galuh, eh ternyata nggak boleh keluar sama Pak Ucup. Hhuhuhu :( Akhirnya harus antri dan jejel-jejelan buat wudhu dan sholat. Tadi itu, rasanya kaya lagi study tour kemanaaaa gitu. Dimana-mana yang dilihat anak kelas 3 terus, jadi ngerasa deket banget.

Habis ishoma, inilah acara intinya, ESQ dan Motivasi oleh Pak Aris siapaaa gitu, lupa gue. Hehe. Kita yang tadinya duduk di kursi, jadi lesehan di tengah aula. Beliau menyampaikan motivasi dengan cara yang interaktif dan menarik. Nggak bikin bosen. Anak muda banget lah. Jadi intinya, sama kaya motivasi2 yang lain, kita harus bisa menyemangati diri sendiri dan yakin kalo kita bisa mengahdapi UN dan lulus dengan hasil memuaskan. Selain itu, kata-kata tentang kebersamaan juga banyak disebut. Yang disambut dengan riuh rendah tepuk tangan siswa kelas 12.

Dan, yang terakhir, Pak Aris nyuruh kita semua berdiri. Menyilangkan tangan di depan dada, tutup mata dan tundukkan kepala. Beliau mengajak kita mengahdirkan sahabat-sahabat kita, tentang bagaimana kita akan berpisah, tentang apa yang udah kita lewatin bareng2 selama 3 tahun kebelakang, tentang persahabatan yang udah kita jalin. Nggak nyangka, ruangan yang tadinya sunyi langsung berisik dengan suara orang nangis sesenggukan. Apalagi waktu ditambah dengan menghadirkan kedua orang tua kita, wah makin kejer. Gue berdiri diantara dua orang laki-laki yang berbadan kekar lah bisa dibilang, dan mereka nangisnya lebih kenceng daripada gue ternyata. Hehehe, namanya perasaan mah ngga akan bisa dibohongin. Sedih banget rasanya, kaya disadarin, "Heh, waktu kalian tuh tinggal dikit, bentar lagi kalian pisah! Jauh, jauh banget!" Makin berbuncah-buncah lah air mata kita. Yang ada di otak gue saat itu adalah flashback apa yang pernah gue alami selama sekolah di SMAN 1 Cibinong, jaman kelas 1 di X-1, Kelas 2 di XI A 4 dan kelas 3 di XII A 4, semua hal tiba-tiba keluar dan menumpuk di pikiran gue. Tentang semua kenangan yang sulit untuk dibuat tapi gue yakin lebih sulit buat dilupakan.

Orang yang pertama gue peluk adalah Naning, sedih banget rasanya. Terus Dian nyamperin gue dan pelukan lagi. Sahabat 6 tahun gue, yang nggak pernah sekelas. Gue harus ninggalin dia ke Jogja. Gue harus mencoba hidup sendiri. Tanpa dia yang biasanya tiap hari ada di sebelah gue. Dian juga nangis dan sepertinya lebih kejer daripada gue. Gue lihat mata Dendi, merah banget. Mata Nyink2 juga merah, Wayan juga nangis ternyata.. Ah, sahabat. Persahabatan emang kadang bikin cowok kuat pun luluh ..

Acara ditutup dengan doa singkat dan pesan-pesan dari Bu Siti yang ngomong sambil meneteskan air mata. Dan pas udah diluar gedung, banyak muka-muka sembab dan mata-mata bengkak dari anak kelas 3. Salah satunya Zz yang bilang ke gue kalo pas tadi ESQ disuruh menghadirkan Ibunya, tiba2 Ibunya telfon dananyain dia udah makan apa belum. Gue seketika kangen ibu gue, seharian belum ketemu. Dari kemaren malahan gara2 gue nginep di rumah Tria.

Intinya, semoga seminar ini bermanfaat sebagaimana mestinya. Bikin kita optimis mengahdapi UN, dan kelulusan. KITA MASUK BARENG-BARENG, KELUAR JUGA WAJIB MUSTI HARUS BARENG-BARENG !!

I LOVE SMAN 1 CIBINONG ANGKATAN 35 !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: