15 Februari 2014

Ketika Masih Kepikiran Sama yang Lama

Tahun ini lagi-lagi merasakan gimana beratnya move on. Saat kita udah terbiasa sama sesuatu, udah nyaman, udah klop banget, bahkan udah setia menemani selama lima tahun kemudian kita harus belajar rela berpisah dengannya. Beberapa hari yang lalu sempet nonton film Manusia Setengah Salmon yang isinya adalah tentang perpindahan. Bahwa sejatinya, hidup ini adalah tentang perpindahan.

Jadi sedih..

Sudah seminggu dia ada di rumah. Lebih ganteng, lebih elegan, lebih ramping dan udah kayak apa yang saya mau. Saya udah naksir bahkan semenjak belum jadi milik saya. Tapi ketika sudah di tangan, kenapa rasanya saya masih pengen banget sama yang lama ya?

Ini bukan tentang manusia. Ini tentang perpindahan saya dari Acer Aspire 4741 ke Asus A46CB. Si Acer sudah menemani saya selama 5 tahun dari jaman SMA, udah pernah dipake buat ngetik tugas bahasa Indonesia jaman nggak enak, nyimpenin foto-foto main, menghasilkan banyak editan video, saksi bisu kuliah 5 semester, saksi bisu kalau saya galau, berjuang lebih keras pasca batrenya rusak, dua tahun setelah beli. Semenjak batrenya rusak, dia nggak bisa lepas dari stop kontak. Kerjanya juga jadi lebih berat apalagi suaranya juga meraung-raung.

Tapi dia asik banget. Tahan banting. Buat ngetik juga oke, semacam udah temenan sama keyboardnya. Touchpadnya juga.. Dari jaman awal beli yang touchpadnya ngeselin dan kemana-mana nggak bisa kalau nggak pake mouse, sampai touchpadnya juga ikutan friendly sama telunjuk. Bahkan ngedesain juga enak banget walaupun nggak pake mouse. Mungkin alasan lainnya karena saya nggak pernah bisa langgeng sama mouse. Yang jatuh lah, yang kebanting lah, yang kabelnya rusak lah, yang nggak kenapa-kenapa taunya rsak sendiri. Dari yang harga belasan ribu sampai yang puluhan ribu. Dari yang bisanya pake mousepad sampai yang bisa dipakai diatas kaca pun, rusak.

Mungkin dia sudah lelah. Sempet kena virus dan harus diinstal ulang. Dulu sempet nggak mau move on ke win 8 karena udah klik banget sama win 7, tapi karena kebutuhan lapangan kudu nginstall visual studio 2012 yang cuma bisa di win 8 keatas, jadilah belajar untuk move on juga. Terus, RAM nya juga udah diupgrade dari 2GB jadi 6GB. Pokoknya overall memang dia sudah sangat klik denganku. Sampai di semester lima kemarin, tiba-tiba hardwarenya error dan sering mati sendiri. Solusinya adalah hardboot, matiin, lepas batre, pasang lagi, nyalain. Tapi itu kan ngerusak banget. Ngganggu banget buat produktivitas.

Yang terakhir... Buat ngerender video udah nggak kuat lagi, sementara di semester 6 perlu buat mata kuliah animasi...

Mau nggak mau harus move on...

Akhirnya searching laptop. Awalnya mau ke Vaio, tapi enggak deh. Terus ketemu sama Asus A46CB waktu jalan-jalan di Mall sama babeh. Sampe rumah, searching lagi dan hasilnya, fix. Asus A46CB yang processornya i5.Spesifikasinya lumayan sih, lumayan banget malahan. Buat detailnya, gini nih :

Display : 14" HD LED (1366x768)
Processor : Intel Core i5 3317U-1.7Ghz
Memory : 4GB DDR3
Hard Drive : 500GB Serial ATA 5400 RPM 
Graphics : NVIDIA GeForce GT740M 2GB DDR3
Optical Drive : DVD/RW SuperMulti DL
Operating System : DOS
Networking : Integrated 802.11 b/g/n
Audio : Built-in Speakers And Microphone
Battery : 4 Cells
Camera : HD Web Camera
System Dimensions : 34.8 x 24.8 x 2.10 ~2.10 cm (WxDxH)
Weight : 2.0 kg (with 4 cell battery)
Slots/Interface : 
   1 x COMBO audio jack 
   1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor
   1 x USB 3.0 port(s) 
   2 x USB 2.0 port(s)
   1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert 
   1 x HDMI
Warranty : 2 Years ASUS Warranty 
Bonus : Bag (Source : here)

*Bedanya, punya saya RAMnya 4GB DDR3 - HDDnya 750GB

Jum'at kemarin, ngajakin Farid buat ke Els. Eeh, ditawarin Acer Aspire V5 apaa gitu, lupa. Hampir sama sih, tapi beda di VGA sama di Hardisknya aja. Tapi setelah pertimbangan a b c dan d akhirnya diputuskan bahwa pilihan saya jatuh ke Asus A46CB.

Besoknya, langsung capcus ke Jogtron buat beli. Skip skip skip nggak butuh waktu lama, laptopnya udah dibawa pulang ke rumah. Begitu diinstall OS nya, jejeeeeeeeeeeeng.. Dead pixel nya ada satu T.T Ngganggu sih enggak sebenernya, ada di pojok kanan bawah. Tapi kan jadi gimanaaa gitu. Jadi rada getun sama laptopnya. Berhubung baru beli, jadi saya beranggapan bahwa itu masih garansi dan ada garansi buat replace barangnya. Minggunya, saya coba bawa ke Asus Center, ternyata tutup. Saya coba balik lagi hari Selasa.

Begitu sampai di Asus Center, ternyata nggak bisa klaim garansi kalau dead pixelnya cuma ada satu. Minimal harus ada lima titik. Pas saya tanya soal replace barang, CS nya nyaranin buat ke toko pas beli. Yaudah, malemnya langsung ke Jogtron lagi. Sempet ada insiden bikin gelo (kecewa, red) waktu baru aja masuk pintu Jogtron -_- Akhirnya dengan muka kusut, datenglah ke tokonya.

Udah males banget sebenernya, nyaris bete gitu. Nanyanya juga udah sekenanya. Hasilnya adalah, tetep nggak ada replace barang dan itu barangnya nggak terhitung cacat. Penggantian barang hanya dilakukan apabila sudah ada perjanjian dengan pihak toko sebelumnya. Udah, udah males berdebat akhirnya cuma ah oh dan udah pamitan sama mas toko nya. Tapi habis keluar dari Jogtron udah bisa nyengir lagi sih. Hehe.

Dan sekarang, sore ini tepatnya, baru ngeh kalau right-clicknya rada mendlep gitu ke bawah -_-

Ada lagi nih. Aplikasinya kadang suka hang sendiri gitu. Jadi, kalau mau benerin harus lewat task manager. Huufft. Terus, google chromenya jadi aneh. Ngeklik tabnya malah jadi close tab T.T

Emm, sukanya pake laptop yang baru ini adalah akhirnya merasakan lagi nggak begitu bergantung sama stop kontak, terus dia nggak berisik, dan nggak terlalu panas. Suaranya juga lumayan oke. Cuma kalau buat ngetik belum bisa sebanter kalau pakai laptop yang lama. Yah, mungkin karena belum terbiasa.

Seperti pada umumnya, harapan jika kita memiliki sesuatu yang baru adalah : Semoga awet, semoga bermanfaat. Semoga habis ini bisa seneng koding dengan serius. Bikin RPP dan Silabus dengan serius. Belajar design dan nggambar dengan serius. Jadi, paling enggak nanti bisa nggantiin uang babeh syang dipake buat beli ini. Hehe.

Si Acer masih duduk manis tuh. Menunggu seluruh datanya dipindah dan dia mungkin akan segera berpindah tangan. Hehe. Karena kalau kata Akhi, ketika kita punya dua gadget yang sama, dan kita merhatiin yang baru terus biasanya yang lama bakal cemburu gitu. Terus dia rusak dengan sendirinya.

Sebenernya jelek sih, memulai sesuatu dengan perbandingan. Tapi, yaudahlah ya.. Udah telanjur ditulis. Kan ini udah sesuai dengan apa yang dicari dan dibutuhkan, jadi ya tinggal pembiasaannya aja gimana. Semoga saya tambah semangat :)

ASUS A46CB


*foto laptop Acernya nyusul entar kalau inget haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: