20 Juli 2013

Jogja is Loveable


Bicara soal Jogja, emm, memang tidak akan ada habisnya. Mau cari apa, semuanya ada. Mulai dari kuliner, fashion, tempat wisata, kerajinan tangan, tempat pendidikan, bahkan mungkin cari... jodoh. Yak, jodoh, cinta dan yah, apa lah itu namanya. Atmosfir Jogja memang pas buat jatuh cinta.

Beberapa pendatang yang pada akhirnya memutuskan tinggal lama di Jogja mungkin akan merasakan suasana berbeda antara kampung halamannya dan Jogja. Ada kekuatan magis yang membuat Jogja memiliki daya tarik yang luar biasa. Bisa dibilang, Jogja itu miniaturnya Indonesia. Hampir semua suku ada disini. Mulai dari yang asli jawa, sunda, minangkabau, batak, sampai ke timur-timur sana. Semua ada dan dekat sekali dengan kita. Jelas saja, Jogja punya banyak tempat pendidikan. Oke, dipersempit, Jogja punya banyak kampus. Jangankan dalam satu kampus, dalam satu kelas aja isinya bisa dari seluruh Indonesia. Jadi sambil belajar soal akademis, tau-tau suatu hari kita juga bisa berbahasa daerah yang sama sekali tidak pernah terpikirkan untuk kita pelajari. Juga, bisa saling tukar pengetahuan  mengenai daerah asalnya. Saya punya teman dari Lombok, dan beberapa waktu lalu sempat berbincang dan bertukar ilmu soal bahasa. Saya sedikit memberitahu soal bahasa sunda, dan saya diberitahu soal bahasa lombok.

Terus apa hubungannya jatuh cinta, jodoh, sama Jogja sebagai Indonesia mini ?

Pernah nggak ngerasain jatuh cinta di Jogja? Kalau belum, silakan dicoba. Hehe. Jatuh cinta di Jogja itu semacam di fasilitasi. Mau pedekate, banyak tempat romantis. Buat yang udah jadian, juga banyak tempat yang bisa dipakai membuat kenangan. Tapi, kalau udah patah hati, emm, semoga Jogja juga bisa membuat orang yang patah hati menjadi berani jatuh cinta kembali.

Pernah nggak sih kepikiran bakal dapet jodoh, yang bener-bener jodoh di Jogja? Maksudnya yaa, yang bakalan sampe ke pelaminan terus sampe ajal menjemput. Pernah kepikiran nggak sih, cara seperti apa yang bakal Tuhan tunjukkan untuk mempertemukan seseorang dengan jodohnya? Hehe, oke, itu diluar kuasa manusia. Buat yang pernah jatuh cinta di Jogja, orang dari mana yang pada akhirnya berhasil mencuri hati kalian? :D

Orang asli Jogja? Hem, seperti orang jawa pada umumnya, mereka udah punya 'jiwa' selayaknya orang jawa. Sopan, ramah, baik, lembut, perhatian. Wah, pokoknya mungkin ini idaman mertua banget. Hehe. Kalau kalian pernah ketemu sama orang jawa yang sifatnya nggak seperti yang saya sebutkan diatas, jangan digeneralisir ke seluruh orang jawa ya. Hehe.

Orang luar Jogja? Tiap daerah punya ciri khas watak masing-masing. Mungkin yang dari sumatera utara wataknya agak keras, dari sulawesi juga agak keras. Tapi mereka pasti punya something yang bisa menunjukkan bahwa dibalik watak mereka yang tidak selembut orang Jogja, mereka juga bisa jatuh cinta.

Haha, mulai ngelantur ini..

Kadang, kita udah ngerasa 'nemu', padahal sebenernya yaa nggak tau apakah memang itu yang bener-bener dipilihkan Tuhan. Apalagi, buat anak rantau, terutama perempuan, masih ada yang ngerasa butuh 'orang yang bisa menjaga'. Ketika udah ketemu sama salah satu yang dianggap bisa jagain, maka ya bener-bener deh itu nggak mau dilepasin.

Dibalik semua keindahan Jogja saat jatuh cinta, juga menyimpan banyak cerita soal patah hati. Siapa pernah patah hati di Jogja?

Patah hati di Jogja itu lebih rumit daripada jatuh cinta di Jogja. Pergi kesini, keinget mantan. Pergi kesana, keinget mantan. Seolah langsung kerasa kalau Jogja jadi sempit banget. Seolah langsung kerasa kalau hampir semua tempat, mulai dari yang mainstream sampe yang bener-bener nggak mainstream udah pernah di datengin sama mantan.

Misal, pergi ke alun-alun selatan, niatnya sih temen-temen ngajakin pergi supaya kita terhibur. Tapi yang ada, begitu sampe disana, langsung keinget, "duh, dulu gue pernah nih main sepeda lampu bareng mantan gue. Dulu dia yang genjot, gue yang semangatin", atau misalnya ada temen yang minta dianterin ke Amplas dan tiba-tiba harus lewat 21, tiba-tiba nyeletuk "Ih gue inget banget nih, terakhir nonton kesini sama mantan gue dulu. Dia rela banget ngantri sampe luar-luar demi buat nonton sama gue...". Ah, gitu lah.

Nggak ada yang bisa disalahkan kalau udah gitu. Mau berapa banyak kisah jatuh cinta sekaligus kisah patah hati, Jogja tetap punya atmosfir cinta. Jangan dulu nyerah dan stuck, kemudian pada akhirnya memutuskan untuk berhenti jatuh cinta. Masih banyak kesempatan diluar sana, masih banyak hari-hari yang bakal dijalani, masih banyak orang-orang yang akan ditemui. Sekalipun pada akhirnya memang ada juga yang memutuskan untuk tetap menetap pada hati yang sudah usang. Kita kudu tetep menjalani hari-hari seperti biasanya, dan biarkan Tuhan dengan segala keMaha Berkehendak-anNya yang bekerja.

Saya pernah, jatuh cinta sekaligus patah hati di Jogja. Tulisan ini saya buat juga setelah saya patah hati. Bahkan saya patah hati sama orang Jogja sendiri. Tapi saya harus nulis kalau ada ilustrasi-ilustrasi diatas itu bukan pengalaman pribadi saya, kapok sih dapet 'surat protes' dari seseorang. Hehe. Apakah setelah patah hati lantas saya benci Jogja? Enggak. Jogja nggak akan pernah membuat saya benci, karena saya percaya masih buanyaaaaaaaaaaaak sekali orang-orang di dalam Jogja yang akan membuat saya betah disini. 

Witing tresno jalaran seko kulino.. :)

6 komentar:

  1. dulu waktu pertama kali kesini, agak enggan sebenernya menanggap jogja sebagai rumah, tapi akhire yo melu bermotto as homy as jogja. Jogja itu kota yang kecil, maju tapi sederhana, sedikit hedonis tapi dimana2 kita merasa diterima sebagai keluarga, baik oleh pribumi atau mereka yang juga mencari sesuap nasi di kota ini.

    welcome home :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo disuruh milih, mas priyo lebih milih kampung halaman atau jogja?

      Hapus
  2. Jogja :D

    kampung halaman emang ngangenin n mengenangkan, tapi kita kan hidup buat menggapai cita2, disini peluangnya lebih banyak daripada ngendog di kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. kampung halaman itu nanti jadi alasan ketika kita ingin pulang mas..

      Hapus

Komentar dari: