2 Maret 2012

62nd of 366

Nggak kerasa udah masuk bulan ketiga di tahun 2012 ini, udah hari ke 62. Air hujan udah berkali-kali membasahi lantai jogja, dan panas mataharinya sudah berkali-kali membakar kulit. Tapi aku masih gini-gini aja, ya.. menjalani kehidupanku sebagai mahasiswi semester 2 yang kerjaannya cuma kuliah pulang kuliah pulang. Belum tampak kegiatan yang berarti selain ngerjain tugas.

Kemaren sempet pingin ikutan jadi panitia semnas di jurusan, tapi pas udah yakin eh formulirnya habis :| Dan ketika keinginan itu mulai luntur, temenku ada yang nawarin supaya bisa jadi panitia. Tapi aku emoh. Bukan karena gimana-gimana, tapi kok ya kayaknya keinginan itu udah nggak se-menggebu-gebu kaya sebelumnya. Mungkin lain kesempatan :)

Memasuki minggu ketiga di semester dua ini, bisa dibilang mulai sedikit agak kerepotan memanage waktu buat ngerjain tugas. Padahal di minggu pertama, aku udah usahain, tiap siangnya dikasih tugas malemnya selalu aku coba buat selesaikan. Alhamdulillah dua minggu berjalan lancar. Mungkin ini juga pengaruh semangat semester baru, dimana keinginan buat meninggikan IP di semester berikutnya itu juga masih on fire banget. Tapi lama kelamaan, tugas yang diberikan sama dosennya itu nggak lagi semudah tugas-tugas awal. Mulai dari tugas Algoritma pemrograman yang sampai 4 kali pertemuan masih membahas program yang sama. Kita disuruh membuat program, lalu mengeditnya dan mengeditnya lagi.. begituu terus sampai sekarang, tugas yang deadlinenya seminggu lagi itu belum separuhnya jadi. Lalu, laporan presentasi Praktik Pemrograman, asli, aku ingat laporan itu belum ku kerjakan ya barusan ini sedangkan deadlinenya hari Senin. 

Belum lagi, laporan praktikum Jaringan Komunikasi tentang IP Address dan Cable-ing. Lalu presentasi Sistem Operasi, kebetulan kelompokku mendapatkan materi tentang "Ubuntu", sebuah distro dari Linux yang sejujurnya aku juga nggak begitu paham. Serta segudang presentasi yang menyusul untuk dihadapi. Oiya, ada juga suruh masukin laporan praktikum jarkom ke blog kelompok. Wah , blognya aja malah belum bikin :| *nangis*

pic taken from here

Entah kenapa masih saja ada perasaan malas dan keinginan untuk menunda penyelesaian tugas itu. Padahal resikonya sudah jelas diketahui, bahwa ketika sebuah tugas dikerjakan mendekati deadline atau terburu-buru, maka tugas tersebut tidak akan bisa terselesaikan dengan maksimal. Emang sih kadang ada the power of kepepet, tapi masa kita hanya mengandalkan itu? Kenapa kita nggak mengerjakan ketika waktunya masih panjang? Aku sepenuhnya sadar, tapi kenapa ini susah buat dijalankan ya? Padahal lagi nih, dengan menunda pengerjaan tugas, semakin lama tugas yang ada akan semakin menumpuk. Dan justru itulah yang akan semakin membebani mahasiswa. 


Terus, dapet semangat buat ngerjain tugasnya gimana, Han?
Kalo aku pribadi sih ya, ngerjain tugas jangan pas kondisi hati lagi nggak mood. Tapi juga jangan keseringan bad mood :) Ciptakan sugesti positif terhadap diri, jangan terlalu banyak memikirkan apa yang tidak perlu dipikirkan. Manfaatkan setiap orang yang ada disekitar kita. Teman... yah saling menyemangati. Pokoknya, bangun sugesti positf supaya moodnya tetep terjaga. Kalau terpaksanya harus galau ya.. berhenti dulu... Ngerjain tugas itu, kadang lama karena kita nggak fokus. Buka tab referensinya cuma satu, buka jejaring sosialnya banyak. Itu tuh, godaan. Kalo kata mas Lukman, asdos jarkom, ngerjain tugas itu ngoyo dulu, baru seneng-seneng.

Sebenernya itu semua juga belum sepenuhnya selalu berhasil. Karena kan manusia juga ada naik-turunnya. Nah kalo pas lagi 'naik', tangkap kesempatan itu sebaik-baiknya. Jangan sampe lepas untuk hal-hal yang nggak berguna.

CAMKAN INI !
Pic taken from here

Wah, setelah nggak cerita cukup panjang, kali ini ceritanya lumayan banyak juga ya hehe, walaupun semacam lebih banyak mengeluh soal tugas.... :) Oiyaaaa, ini diaaa... oreo eskrim rasa orange.... eh salah, ini diaaa wearpack jurusan pendidikan teknik elektronika 2011 ..... *akhirnyaaaaaa*
Semacam Pegawai Pabrik :p
Ini diaa, teman seperjuangan di kelas F2

Terakhir nih, tetep semangat ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dari: